Dark/Light Mode

Ruhut Sitompul di Podcast Ngegas RM

Kemenangan Pilpres Ditentukan di Last Minute

Kamis, 4 Januari 2024 08:50 WIB
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Ruhut Sitompul (Foto: Fitri/RM)
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Ruhut Sitompul (Foto: Fitri/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Ruhut Sitompul, tidak risau dengan hasil-hasil survei yang menunjukkan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, selalu unggul. Menurut politisi PDIP ini, tingginya survei saat ini tidak menjadi jaminan akan menang di Pilpres. Sebab, kemenangan biasanya ditentukan gebrakan-gebrakan di menit-menit akhir alias last minute sebelum pencoblosan.

“Politik itu kan last minute. Sekarang survei (Prabowo-Gibran) di atas, kan last minute (belum tentu) juga. Nanti tahunya kami juga yang (menang) satu putaran," ucap Ruhut, dalam Podcast Ngegas di Rakyat Merdeka, di Gedung Graha Pena, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024). Podcast ini dipandu dua editor politik Rakyat Merdeka, Ujang Sunda dan Siswanto.

Politisi yang akrab disapa Si Poltak ini pun memastikan, kader-kader PDIP terus bekerja keras memenangkan Ganjar-Mahfud. Para kader Banteng yang menjadi Caleg diwajibkan melakukan 3S: serasi, seimbang, selaras. Artinya, usaha Caleg PDIP untuk lolos ke Senayan harus linear dengan usaha menenangkan Ganjar-Mahfud.

Mengenai hasil survei yang dirilis lembaga selama ini, Ruhut menyangsikan akurasinya. Mantan politisi Partai Demokrat ini mengaku lebih percaya hasil survei lembaga asal Amerika Serikat, yang dianggapnya lebih independen.

Baca juga : Mardani Ali Sera di Podcast Ngegas RM: Kami Masih Gigi Dua

"Kami pegang (hasil) lembaga survei dari luar. Hasilnya kami masih di atas. Bahkan seperti awal, Ganjar pertama, Prabowo kedua, dan Anies ketiga," klaimnya, tanpa menyebutkan nama lembaga survei yang dimaksud.

Menurut mantan anggota Komisi III DPR ini, lembaga tersebut sudah beberapa kali melakukan survei. Hasilnya, tidak pernah meleset.

Selain menggunakan data survei Amerika, Ruhut bilang, sering melakukan Zoom meeting dengan pakar politik internasional. Hasilnya sama, tetap optimis Ganjar-Mahfud bisa menang di Pilpres 2024.

Ruhut melanjutkan, posisi Ganjar saat ini mirip dengan Pilgub Jawa Tengah pada 2013. Saat itu, Ruhut masih kader Demokrat dan menjadi orang debat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketika itu, Demokrat mengusung Bibit Waluyo yang merupakan petahana dengan popularitas dan elektabilitas sangat tinggi. Saat itu, Demokrat pun sangat pede akan menang di Pilgub Jawa Tengah.

Baca juga : Pemenang Pilpres Masih Misterius

"Kita besar kepala. Survei kita (Bibit Waluyo) di atas 60 persen. Ganjar cuma 9 persen. Nyatanya, Ganjar menang," kenang Ruhut.

Dengan contoh ini, Ruhut yakin Ganjar-Mahfud bisa menang Pilpres 2024, bahkan dengan satu putaran. Bagaimana caranya? Ruhut mengatakan, setelah Ganjar menyampaikan program-programnya, masyarakat meyakini mantan Gubernur Jawa Tengah itu, bisa memimpin Indonesia. Di antaranya membuka 17 juta lapangan kerja baru, KTP Sakti, dan internet gratis.

Menurutnya, program internet gratis ini lebih laku. Dia mengklaim, setelah pemaparan program internet gratis, elektabilitas Ganjar-Mahfud di kalangan milenial dan Gen Z naik signifikan.

"Naik kami sekarang. Rupanya generasi muda bersyukur. Kami memberi pancingnya, tidak memberi ikannya," ucapnya.

Baca juga : Yang Memenangkan Suara Anak Muda, Pasti Akan Memenangkan Pertarungan

Tak hanya program, pihaknya juga akan memaksimalkan debat capres. Menurut Ruhut, setelah debat pertama, antusias masyarakat terhadap Ganjar-Mahfud semakin tinggi. Makanya, di debat ketiga yang akan digelar Minggu (7/1/2024), dengan "Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik", Ganjar akan tampil maksimal.

"Ganjar akan gaspol. Karena beliau sangat menguasai materi debatnya. Materi itu dianggap Prabowo baget, padahal Ganjar banget. Belum lagi Timses kami, ada Pak Andika Perkasa, jenderal bintang 4 lho, akan memberikan coaching-coaching pada Mas Ganjar. Mas Bowo kan bintang 3,” selorohnya.

Wawancara selengkapnya dapat disaksikan di video Podcast Ngegas di Rakyat Merdeka bersama Ruhut Sitompul yang akan tayang di YouTube Rakyat Merdeka TV, Jumat (5/1/2024), pukul 16.00 WIB.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.