Dark/Light Mode

Ganjar - Mahfud Komitmen Optimalkan Potensi Desa Wisata Di Indonesia

Rabu, 27 Desember 2023 17:48 WIB
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi desa wisata di seluruh Indonesia.
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi desa wisata di seluruh Indonesia.

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi desa wisata di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Ganjar berjanji akan menggenjot event dan interkoneksi dengan pelaku wisata agar desa semakin maju.

Menurut Ganjar, tidak hanya potensi wisata dari sebuah desanya saja yang bisa ditonjolkan. Namun, juga budaya lokal, wisata alam, hingga destinasi wisata buatan.

Baca juga : Ganjar Pranowo Bakal Jadikan Jawa Tengah Pusat Tembakau Di Indonesia

"Ada potensi wisata yang ada di Indonesia apakah itu budaya, wisata alam maupun artificial. Di sisi lain tentu event, itu perlu di-create. Yang jadi problem adalah interkoneksi, sehingga paket wisata tidak ada interkoneksi, selebihnya adalah kerja sama dengan pelaku pariwisata," kata Ganjar saat mengunjungi Objek Air Mata Cokro (OMAC), Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).

Sekadar informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merilis 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) di Indonesia. Yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Likupang (Sulawesi Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bromo (Jawa Timur), Wakatobi (Sulawesi Tengah), Morotai (Maluku Utara), dan Raja Ampat (Papua).

Jika terpilih menjadi Presiden, Ganjar meyakini dirinya bakal mengoptimalisasi ke-10 DPP tersebut.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Komitmen Bebaskan Nelayan Dari Jerat Utang

"Supaya Indonesia nantinya bisa lebih menjadi primadona wisata warga dunia," ujarnya.

Ganjar juga mendorong 10 DPP itu bisa menjadi acuan untuk daerah lain. Khususnya terkait pengembangan desa wisata di sekitarnya agar lebih dikembangkan oleh Pemerintah "10 destinasi itu mesti dituntaskan, kalau itu terjadi itu dijadikan benchmark untuk yang lain. Maka itu bisa menjadi babonnya, sehingga yang lain bisa mengikuti," sebut mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Adapun upaya peningkatan desa wisata di Jateng pernah dilakukan Ganjar saat menjadi Gubernur Jateng selama dua periode.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Bakal Buka Akses Pendidikan Berkualitas Bagi Kelompok Disabilitas

Melalui Undang-Undang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Ganjar menyalurkan bantuan dana desa Rp 1 miliar untuk 1 desa wisata di Jateng. Tujuannya untuk memantik daerah lain bisa mencontoh desa wisata tersebut.

"Inilah yang menjadi potensi-potensi desa wisata yang kelak kemudian contoh-contoh baik ini bisa kita tularkan," pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.