Dark/Light Mode

Strategi Ganjar Dorong UMKM Naik Kelas, Duta Besar Jadi Pemasar Produk Lokal

Jumat, 12 Januari 2024 15:32 WIB
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat dialog dengan pelaku usaha Kamar Dagang dan Industri Kadin Indonesia, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat dialog dengan pelaku usaha Kamar Dagang dan Industri Kadin Indonesia, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan langkah strategis dirinya bersama Mahfud MD untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM) di pasar global.

Ganjar menyampaikan sejumlah tahapan yang harus dilalui UMKM untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Antara lain pemahaman kepada pelaku UMKM tentang produk yang akan dibuatnya.

"Memastikan UMKM tahu persis apa yang dikerjakan dan produknya atau product knowledge. Ketika mereka tahu persis itu, maka assestmen dilakukan oleh pemerintah. Di situlah nanti mereka perlu pelatihan, fasilitas, dan yang lainnya," kata Ganjar dalam acara dialog dengan pelaku usaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Kamis (11/1/2024).

Baca juga : Mentan Yakini Indonesia Bisa Jadi Negara Super Power

Setelah tahapan tersebut, Ganjar menekankan pentingnya akses modal, terutama melalui kredit usaha rakyat (KUR). Ganjar pun bercerita tentang upayanya di Jawa Tengah agar pelaku UMKM bisa mengakses kredit perbankan.

Sehingga Ganjar berhasil meyakinkan pihak perbankan untuk memberikan suku bunga ringan bagi UMKM.

Langkah selanjutnya adalah pendampingan UMKM. Ganjar menceritakan pengalamannya secara aktif mempromosikan produk UMKM ke luar negeri dengan dukungan duta besar.

Baca juga : Ganjar Paling Pas Jadi Suksesor Jokowi

Melalui upaya ini, produk UMKM dari Jateng berhasil diperkenalkan dan dijual di pasar internasional. Ganjar menyatakan bahwa banyaknya duta besar dapat menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi dan memasarkan produk UMKM secara global.

Dengan demikian, strategi ini diharapkan dapat membantu UMKM naik kelas dan berperan aktif dalam pembangunan ekonomi.

"Pendampingan ini untuk naik kelas. Itulah strategi UMKM naik kelas. Maka kalau kita punya banyak duta besar, saya kira mereka menjadi pemasar, menjadi fasilitator, dan menjadi orang-orang yang nantinya betul duta kita untuk bicara ekonomi," pungkas mantan gubernur Jateng dua periode itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.