Dark/Light Mode

Survei SPIN Pasca Debat Ketiga: Prabowo-Gibran Unggul Di Pemilih Muda Gen Z, Gen Y, Gen X

Senin, 15 Januari 2024 17:10 WIB
Hasil survei SPIN menunjukkan sebagian besar pemilih muda bakal memilih paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)
Hasil survei SPIN menunjukkan sebagian besar pemilih muda bakal memilih paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan sebagian besar pemilih muda bakal memilih paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Direktur eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara memaparkan Prabowo-Gibran unggul di kategori pemilih muda.

Mereka meraih angka dukungan rata-rata 50 persen pada Gen Z, Gen Y atau milenial dan Gen X.

Baca juga : Survei SPIN: Pasca Debat Ketiga Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi Capai 50,9 Persen, Potensi Satu Putaran

"Untuk Gen Z, Gen Y dan Gen X, Prabowo unggul," ujar Igor melalui paparan daring, Senin (15/1/2024).

Adapun pada Gen Z, Prabowo-Gibran meraih dukungan hingga 51,4 persen. Sementara pada Gen Y, paslon usungan Koalisi Indonesia Maju meraih suara sebanyak 52,3 persen serta 47,9 persen dari Gen X.

Igor mengatakan bahwa pemilih muda, terutama Gen Y yang lahir pada 1981--1996 dan Gen Z yang lahir dalam kurun 1997--2012 adalah generasi yang lebih senang membicarakan masa depan.

Baca juga : Di Dialog Kadin, Prabowo-Gibran Ingin Lanjutkan Apa Yang Dibangun Presiden Jokowi

"Jadi pemilih muda ini, terutama Gen Z, first time voter, atau Gen Y, milenial ini generasi move on. Mereka tidak senang bicara masa lalu," tuturnya.

Igor mengatakan karena fokus pada masa depan, para pemilih muda akan lebih tergugah dengan program kerja para capres yang akan mendukung hidup mereka ke depan.

"Mereka lebih senang masa depan, jadi program Prabowo-Gibran untuk menciptakan lapangan pekerjaan, minum susu gratis, makan gratis lebih bisa diterima," jelas Igor.

Baca juga : Survei IPO: AMIN Tempel Ketat Prabowo-Gibran

Selain itu, SPIN juga memotret tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus melonjak sepanjang periode survei, yakni 8-14 Januari 2024. Mereka meraih dukungan hingga 50,9 persen.

Sementara posisi kedua ada Ganjar-Mahfud yang meraih elektabilitas sebesar 23,5 persen dan disusul Anies-Muhaimin dengan porelahan elektabilitas sebanyak 18,7 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.