Dark/Light Mode

Survei SPIN: Bila Ada Putaran 2, Prabowo Menang Telak vs Anies atau Ganjar

Senin, 15 Januari 2024 17:50 WIB
Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Apabila Pilpres berlangsung dua putaran, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan akan menang telak melawan paslon Anies Baswedan-Muhaimin ataupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu diungkap Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang baru saja merilis hasil survei teranyarnya berkenaan dengan ‘Dinamika Elektoral Nasional Peta Politik dan Elektabilitas Capres dan Partai Politik Jelang Pemilu 2024’, Senin (15/1).

Baca juga : Survei SPIN: Dihina Ganjar Dan Anies, Elektabilitas Prabowo Malah Melejit

“Bila Pemilu berlangsung dua putaran dan yang lolos Prabowo-Gibran vs Ganjar Mahfud, yang akan keluar sebagai pemenang adalah pasangan calon Prabowo-Gibran dengan perolehan suara 78,3 persennsementara Ganjar-Mahfud 16,7 persen,” ungkap Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara.

Begitu pun apabila dalam simulasi putara kedua yang bertarung adalah pasangan calon Prabowo-Gibran melawan Anies-Muhaimin, paslon nomor urut 2 itu tetap menjadi pemenangnya.

Baca juga : Prabowo Sapu Pulau Sumatera

“Sementara, Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin akan dimenangkan oleh Prabowo-Gibran dengan perolehan 80,7 persen, Anies-Imin 13,7 persen,” jelas Igor.

Survei SPIN dilakukan pada periode 8-14 Januari 2024 dengan menggunakan teknik multistage random sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Iran-Jepang Menang Telak

Total sampel yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2.178 responden dengan margin of error (MoE) level of confidence plus minus 2,1 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.