Dark/Light Mode

Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Meningkat

Selasa, 9 Januari 2024 11:27 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Antara)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Desember 2023, mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya. 

Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2023 sebesar 123,8, lebih tinggi dibandingkan 123,6 pada bulan sebelumnya.

Baca juga : TPN: Dukungan Masyarakat Terhadap Ganjar-Mahfud Makin Tinggi

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada Desember 2023 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE),” jelas keterangan resmi BI, Selasa (9/1/2024).

KE tercatat meningkat terutama pada Indeks Pembelian Barang Tahan Lama. Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan tetap kuat ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan. 

Baca juga : Jangan Lupakan Ekonomi Rakyat

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Desember 2023 tercatat masing-masing sebesar 113,6 dan 133,9.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada Desember 2023 didorong oleh keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap optimis,” katanya.

Baca juga : Sestama BNPT Sampaikan Komitmen Perbaiki Tata Kelola BMN

Secara spasial, IKK meningkat di sebagian kota yang disurvei, terbesar di Kota Manado (9,3 poin), diikuti Makassar (7,5 poin) dan Medan (4,8 poin). Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKK, terdalam di Kota Bandar Lampung (9,3 poin), diikuti Padang (6,3 poin) dan Mataram (4,5 poin). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.