Dark/Light Mode

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 51 Persen

Akbar Buchari: Tanda Pilpres Sekali Putaran Sudah Terlihat

Rabu, 17 Januari 2024 13:38 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Akbar Himawan Buchari mengatakan, tanda-tanda Pilpres sekali putaran sudah muncul ke permukaan.

"Melihat hasil survei IPS, kemenangan Prabowo-Gibran makin kelihatan. Tanda-tandanya pun sudah muncul di permukaan," ujar Akbar dalam siaran pers, Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil surveinya. Sebanyak 51,8 persen responden memilih pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Posisi kedua ditempati Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 21,3 persen.

Baca juga : Survei indEX: Elektabilitas Gerindra 17,7 Persen, PSI Bentuk Fraksi Di Senayan

Selanjutnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi buncit dengan 19,2 persen.

Akbar mengatakan, hasil survei yang dirilis IPS sekaligus membungkam suara-suara sumbang yang berseliweran. Khususnya, bagi tim paslon lain yang pede Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran.

"Selama ini mereka kan terus membicarakan hasil survei Prabowo-Gibran yang belum mencapai 50 plus 1. Dengan hasil survei ini, kita nggak tahu apa yang akan mereka katakan," kata Ketua Dewan Pembina Barisan Pengusaha Pejuang (BPP) ini.

Akbar menganggap survei ini benar-benar mencerminkan suara pemilih. Menurutnya, masyarakat Indonesia yang terkenal ramah dan santun, tidak suka melihat gaya debat Anies dan Ganjar yang cenderung menyerang Prabowo.

Baca juga : Ratusan Relawan Prabowo-Gibran Konsolidasi Menangkan Pilpres 2024 Sekali Putaran

Sesuai rilis IPS, strategi menyerang yang dilakukan Anies dan Ganjar pada debat capres, Minggu (7/1/2024) justru jadi bumerang yang membuat elektabilitas Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud merosot.

"Dari debat itu kan terlihat, mana yang berambisi, melakukan cara apapun untuk menjatuhkan lawannya. Pak Prabowo yang tulus untuk Indonesia terbukti mendapat simpati dari masyarakat," cetus Akbar.

Selain dari hasil survei, keinginan masyarakat dipimpin oleh Prabowo-Gibran juga terlihat hampir di setiap daerah.

Sehingga, baik secara riil maupun hasil survei, masyarakat Indonesia menjatuhkan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 2.

Baca juga : Survei IPS: 70,2 Persen Publik Ingin Pilpres Hanya Satu Putaran

"Saya beberapa kali ikut kunjungan Pak Prabowo dan Mas Gibran ke daerah. Saya melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi, dan memiliki harapan kepada Prabowo-Gibran untuk Indonesia yang lebih baik," ungkap Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.