Dark/Light Mode

Calegnya Malah Dukung Prabowo-Gibran

LPP PKB Provinsi Banten Usulkan, Segera Dipecat

Jumat, 19 Januari 2024 07:40 WIB
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Banten menyebut, tiga orang calon anggota legislatif (caleg) PKB, yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan diusulakan dipecat. Sikap mereka menyalahi keputusan partai.  

Ketua LPP DPW PKB Provinsi Banten, Syarifudin menyatakan, pihaknya telah menerima infor­masi tentang pembelotan tiga caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), terhadap keputusan partai di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Mereka adalah Enung Nurhayati dan Euis Rahmawati, caleg DPRD Provinsi Banten dari daerahpemilihan (dapil) Kabupaten Pandeglang, serta caleg DPRD Kabupaten Pandeglang dapil 2, Eni Suheni.

“Mereka memiliki kesadaran penuh, PKB mengusung pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, di Pilpres 2024. Karenanya, kami mengusulkan, DPW PKB Provinsi Banten mengabil tindakantegas, berupa sanksi peme­catan,” ujar Syarifudin melalui keteranga tertulisnya, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Relawan Kopi Hitam Solid Dukung Prabowo-Gibran Menangkan Sekali Putaran

Sebelum diusulkan untuk dipecat, jelas dia, pihaknya meminta para pembelot tersebut dipanggil, untuk diketahui penyebab ketiganya balik badan dari pasangan Anies-Muhaimin (AMIN). Sebab, lanjut Syarifudin, kuat dugaan ketiganya mendukung Prabowo-Gibran karena terprovokasi pihak tertentu.

“Kami mendapat informasi, mereka terprovokasi oleh Ketua Pencurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang, yang aktif sebagai tim relawan pasangan Prabowo-Gibran,” urai Syarifudin.

Sejauh ini, lanjut dia, kinerja para caleg yang mendukung Prabowo-Gibran itu, tidak tergolong bagus dalam usaha pemenangan diri di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Karenanya, jika kehilangan caleg yang membelot itu, PKB tidak akan mendapat kerugian apapun.

“Mereka caleg abal-abal, bukan prioritas. Kami meyakini, mereka tidak akan mempengaruhi kemenangan PKB di Pileg, serta kemenangan pasangan AMIN di Provinsi Banten,” tegas Syarifudin.

Baca juga : Sunanto: Setiap Orang Berhak Mendukung Siapa Pun

Sementara itu, caleg PKB di DPRD Provinsi Banten, Euis Rahmawati menyatakan, banyak kader PKB yang mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Namun, kata dia, para kader itu tidak berani tampil, karena kha­watir terhadap sanksi partai.

“Kami anggota PKB tidak perlu meminta dukungan ke masyarakat untuk calon lain. Kita akan kampanyekan pasangan capres-cawapres nomor urut 2,” ujar Euis.

Caleg lainnya, Enung Nurhayati menambahkan, dirinya mendukung Prabowo-Gibran tanpa paksaan pihak manapun. Dia juga menegaskan, tak ada kekecewaan terhadap pasangan capres dan cawapres, Anies-Muhaimin yang membuat dirinya mengalihkan dukungan.

“Soal kekecewaan dari partai atau pasangan nomor urut 1, tidak ada. Dukungan saya dan teman-teman kepada Prabowo-Gibran, didasarkan pada hati nurani,” tandasnya.

Baca juga : Aliansi Mahasiswa Jatim Sambangi TKD Prabowo-Gibran: Kekuatan Besar Suara Pemuda

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 19/1/2024 dengan judul Calegnya Malah Dukung Prabowo-Gibran, LPP PKB Provinsi Banten Usulkan, Segera Dipecat   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.