Dark/Light Mode

Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik Terus, Peran Kampanye Atikoh Dipuji

Jumat, 19 Januari 2024 16:45 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD/Ist
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti memuji pola kampanye yang dilakukan Siti Atikoh Supriyanti, istri Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo. 

Safari politik yang dilakukan Atikoh ke berbagai daerah di Tanah Air, dinilai berhasil mendongkrak tingkat elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Indonesia Political Expert (IPE),  elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat 4,39%, dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 4,10% dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 2,82%.

Baca juga : Jadwal Dan Zona Kampanye Akbar Diteken

Kampanye turun ke daerah yang dilakukan Atikoh selain menarik minat pemilih, juga  memiliki pangsa pasar tersendiri. Demikian juga kampanye yang dilakukan putrasemata wayang Capres Ganjar dan Atikoh, Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang akrab disapa Alam, yang menyasar kaum milenial dan Gen-Z.

“Siti Atikoh hampir setiap hari kampanye. Alam juga ada pangsa pasarnya, ada daya tarik dirinya menyasar Gen Z,” ujar Ray di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Dia mengatakan, faktor lain yang mendongkrak keterpilihan pasangan Ganjar-Mahfud adalah cara Ganjar berkampanye yang langsung bertemu masyarakat di lapangan, berdialog dan menginap di rumah warga.

Baca juga : Survei IPE: Elektabilitas Teratas, Ganjar-Mahfud Raih 35,1 Persen

Hal inilah yang membedakan cara kampanye Paslon Nomor Urut 3 dibandingkan Paslon Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

“Anies juga turun ke daerah seperti Ganjar, tapi penerimaan masyarakat berbeda. Semua Paslon memang turun ke lapangan bertemu warga, namun daya pikat berbeda. Gaya Anies dan Ganjar berbeda,” ujar dia.

Sebelumnya, hasil survei IPE menyebut elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat sebesar 4,39 %, Anies-Muhaimin 4,10%, dan Prabowo-Gibran 2,82 %. survei dilakukan pada rentang waktu  2-16 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 2.400 Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih, terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), berusia 17 tahun, dan telah menikah. 

Baca juga : Survei LSI: Ganjar-Mahfud Salip Anies-Imin Menuju Putaran Kedua Pilpres 2024

Survei dilakukan di 416 Kabupaten dan 98 Kota menggunakan metode random purposive, dan sampling error 2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.