Dark/Light Mode

Survei IPE: Elektabilitas Teratas, Ganjar-Mahfud Raih 35,1 Persen

Kamis, 18 Januari 2024 18:43 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indonesia Political Expert (IPE) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Hasilnya, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD teratas dengan elektabilitas sebesar 35,1 persen.

Elektabilitas kandidat capres dan cawapres umumnya naik, namun kenaikan paling tinggi didapatkan pasangan Ganjar-Mahfud dari 33,57 persen di bulan Desember 2023 menjadi 35,1 persen di Januari 2024,” ujar peneliti IPE Agustanto Imam Suprayoghi, di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Survei LSI: Ganjar-Mahfud Salip Anies-Imin Menuju Putaran Kedua Pilpres 2024

Agustanto menyampaikan posisi kedua ditempati oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan elektabilitas 32,2 persen.

Pada survei bulan Desember, elektabilitas pasangan nomor urut 2 ini sebesar 31,2 persen.

“Kami mencatat bahwa suara kubu capres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai mengalami stagnasi,” bebernya. 

Baca juga : Elektabilitas PDIP Teratas, Survei Telepon Ternyata Merugikan Banteng

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 27,1 persen, naik dari survei sebelumnya sebesar 26,7 persen.

Survei yang dilakukan IPE diketahui menggunakan pendekatan SPEED (survei politik, ekonomi dan elektabilitas capres-cawapres 2024) per 2-16 Januari 2024 pada 2.400 responden.

Margin of error dalam survei ini sekitar 2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Prabowo-Gibran 51,1 Persen, Anies-Muhaimin Dan Ganjar-Mahfud Saling Kejar

Teknik pengambilan sampel responden dilakukan dengan metode random purposive, mulai dari pemilihan kecamatan, hingga responden di satuan KK (5 KK per lokus desa tersampling).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.