Dark/Light Mode

Jelang Debat Cawapres, TKN Yakin Gibran Unggul, Bisa Kasih Contoh Yang Aktual

Sabtu, 20 Januari 2024 21:01 WIB
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Komandan Tim Fanta TKN Prabowo-Gibran, Anggawira menegaskan, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka memiliki keunggulan untuk memberikan konteks yang relevan, atas setiap gagasan yang digaungkan.

Menurutnya, keunggulan tersebut akan menjadi senjata andalan Gibran untuk menghadapi cawapres lain, dalam sesi debat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024).

“Persiapan untuk besok, sama seperti debat sebelumnya. Mas Gibran selalu terbuka untuk berdiskusi. Termasuk, bagaimana menjadikan persoalan lingkungan dan energi hijau tak hanya sebatas isu di kalangan elite. Mas Gibran ingin, isu tersebut bisa diserap di akar rumput,” papar Anggawira, Sabtu (20/1/2024).

Sebagai informasi, tema debat capres-cawapres keempat adalah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, Kaesang: Samsul Pasti Menang Lagi

Anggawira pun menyampaikan sejumlah program andalan yang kemungkinan akan dipaparkan oleh Gibran di arena debat. Yaitu inovasi di bidang lingkungan, dan visi Indonesia menjadi pusat energi dunia.

Dalam program pertama, Gibran memiliki rekam jejak apik sebagai Wali Kota Solo melalui Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo, yang mampu mengolah sampah mentah sebanyak 545 ton per hari.

Olah sampah itu dapat menghasilkan energi listrik sekitar 8 megawatt, yang berkontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan dan kemandirian energi Kota Solo.

"Sebagai pelaku usaha dan wali kota, Mas Gibran sudah mempraktikkan berbagai macam terobosan inovatif. Contohnya PLTSa di Solo, itu yang akan jadi keunggulan Mas Gibran. Dia selalu bisa memberikan contoh-contoh yang aktual, sesuai dengan zaman,” jelas Anggawira.

Ketua Umum Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) itu meyakini, Gibran akan menyampaikan strateginya untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat energi dunia.

Baca juga : Imin Rutin Latihan, Gibran Minta Doa, Mahfud Baca-baca

“Andalan lainnya adalah gagasan Indonesia menjadi lumbung energi, dan pusat energi dunia. Itu yang akan disorot lebih detail. Tapi karena ini debat, Mas Gibran juga pasti akan merespons isu yang diangkat oleh pasangan calon lain,” urainya.

Anggawira berharap, debat kali ini berjalan produktif, adil, dan menjadi sarana adu gagasan. Bukan menjadi ajang untuk saling menjatuhkan secara personal.

Sekjen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu juga berharap Gibran tampil genuine selayaknya anak muda, yang jujur dan tidak kebanyakan gimmick.

“Kami berharap, banyak gagasan yang dibahas nanti. Jadi, semua capres memberikan jawaban atas berbagai persoalan, saling adu konsep dan saling menguji. Misalnya bagaimana mendorong agar Indonesia punya kendaraan listrik, setiap capres itu punya solusinya gak? Tidak seperti debat capres yang terakhir ya,” papar Anggawira.

Baca juga : Pilpres Sekali Putaran Untuk Prabowo-Gibran Menggema Di Kandang Banteng

“Yang tentunya akan menarik adalah beda karakter antara Mas Gibran dan Pak Prabowo. Selama debat, Pak Prabowo tidak ofensif dan tidak juga defensif. Tapi Mas Gibran, kalau kita lihat debat terakhirnya, dia agak lebih ofensif. Ini yang kita tunggu,” pungkasnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.