Dark/Light Mode

Jelang Debat Soal Lingkungan, TKN Pamer Prestasi Gibran Atasi Sampah Di Solo

Selasa, 16 Januari 2024 19:51 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/RM)
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, memamerkan prestasi jagoannya Gibran Rakabuming Raka selama menjabat sebagai Wali Kota Solo dalam menangani sampah.

Budi memamerkan salah satu inovasi Gibran yang banyak disorot, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo, atau yang lebih dikenal sebagai PLTSa Solo. 

PLTSa yang beroperasi sejak Oktober 2023 ini disebut telah berhasil mengubah sampah menjadi energi listrik melalui teknologi plasma gasifikasi, dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO). 

Baca juga : Jaga Lingkungan, KLHK Gelar Penanaman Pohon Serentak Di Kalsel

"Di Solo ada teknologi yang bisa mengubah sampah jadi energi listrik. Itu kan inovasi. Di banyak tempat sampah sering jadi masalah lingkungan, kata Budi dilansir ANTARA, Selasa (16/1).

Menurut Budi, inovasi pengelolaan sampah di Solo ini bisa dijadikan model untuk diterapkan secara nasional jika pasangan Prabowo-Gibran berhasil memenangkan Pilpres 2024. 

"Pelestarian lingkungan hidup jadi salah satu dari 17 program prioritas Prabowo-Gibran. Jadi, apa yang berhasil Mas Gibran lakukan di Solo akan dikembangkan secara nasional, insyaallah kalau Prabowo-Gibran menang," tambahnya.

Baca juga : Pembelajaran Dari Laut Mati

Budi memamerkan prestasi Gibran soal inovasi penanganan sampah ini jelang debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1) mendatang.

Isu sampah sesuai dengan tema debat yang akan diikuti oleh para cawapres, yakni salah satunya tentang lingkungan hidup. 

Selain isu lingkungan, debat cawapres kedua ini ikut mengulik soal energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, agraria, dan masyarakat adat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.