Dark/Light Mode

Usung Keberlanjutan, Elektabilitas Paslon 02 Tembus 50 Persen

Minggu, 21 Januari 2024 15:20 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Timur Barat Research Center (TBRC) mengukur tingkat keterpilihan pasangan Capres-Cawapres pada Pilpres 2024.

TBRC melakukan dua metode survei. Pertanyaan terbuka dan tertutup. Dalam pertanyaan terbuka atau ketika semua responden ditanyakan Capres-Cawapres mana yang akan dipilih jika Pilpres digelar hari ini, maka dari jawaban 1984 responden memilih pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebanyak 39,6 persen.

Disusul oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27,2 persen. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 16,1 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 17,1 persen.

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo mengatakan lembaganya juga melakukan survei dengan metode tertutup. Caranya dengan mengunakan kuisioner yang berisikan pertanyaan yang sama seperti terbuka.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran Hampir 50 Persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Terbuka

Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50,2 persen.

"Disusul Ganjar Pranowo-Mahfud 28,8 persen dan pasangan Anies-Muhaimin Iskandar 17,2 persen. Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen," ungkapnya.

"Dalam survei ini juga diukur persepsi masyarakat untuk menilai kinerja pemerintahan Presiden Jokowi. Jawaban dari 1984 responden sebanyak 78,1 persen puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan sebanyak 17,6 persen tidak puas dan sebanyak 4,3 persen tidak menjawab," tambah Johanes.

Dia menambahkan sebanyak 68,8 persen responden menginginkan keberlanjutan program-program yang selama ini dijalankan oleh pemerintahan Jokowi.

Baca juga : Masuk Bursa Cagub DKI, Akseptabilitas Dan Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi

"Hanya 20,1 persen menginginkan perubahan dari program program Jokowi, terutama menyangkut program program yang kurang efektif dan tidak banyak bermanfaat bagi rakyat karena dibiayai oleh hutang. Kemudian sebanyak 11,1 persen tidak memberikan pendapat," papar dia.

Menurut Johanes, tingginya tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran pada pertanyaan tertutup karena paslon nomor urut 02 itu mengangkat keberlanjutan.

"Dan dari hasil survei ini menunjukan pasangan Prabowo-Gibran akan memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran," pungkas dia.

Diketahui, survei mengunakan sampel sebanyak 1984 responden dari 389 kabupaten/kota di 34 provinsi. Sampel responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender.

Baca juga : Hari Keempat, Sub PIN Polio Tembus 76,9 Persen

Hasil survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.