Dark/Light Mode

Masuk Bursa Cagub DKI, Akseptabilitas Dan Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi

Sabtu, 20 Januari 2024 19:46 WIB
Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Ridwan Kamil (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Popularitas Ridwan Kamil (RK) tetap tinggi meski tak lagi menjabat sebagai gubernur Jawa Barat. Elektabilitas Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu bahkan menjadi yang tertinggi dalam bursa Calon Gubernur (Cagub) DKI periode 2024/2029.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada 8-15 Januari 2024, elektabilitas RK mengungguli sejumlah nama besar seperti Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Sandiaga Uno.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menyampaikan, hasil survei itu menunjukkan bahwa RK merupakan kandidat terkuat jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI mendatang.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 880 warga DKI yang sudah memiliki hak suara, elektabilitas RK juga unggul dari mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Baca juga : Blusukan Jadi Kunci Utama Kenaikan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

”Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilgub DKI dilaksanakan saat ini, ternyata justru nama Ridwan Kamil yang memimpin dengan 23,4 persen,” kata Fetra, di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Dia mengungkapkan, Tri Rismaharini menempati posisi kedua dengan elektabilitas 19,2 persen, lalu Anies Baswedan di peringkat ketiga dengan elektabilitas 18,4 persen.

“Untuk posisi keempat ditempati Basuki Tjahaja Purnama dengan elektabilitas 8,7 persen, dan selanjutnya Heru Budi Hartono 5,5 persen, Kaesang Pangarep 3,9 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 3,5 persen, dan Ahmad Sahroni 3,2 persen,” ungkapnya.

Selain merajai hasil survei elektabilitas sebagai calon gubernur DKI, RK juga menjadi figur yang paling diterima pemilih di Jakarta.

Baca juga : Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Turun, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tertinggi

Angkanya mencapai 80,7 persen, padahal tingkat akseptabilitas terhadap Anies Baswedan sebagai mantan gubernur DKI tidak setinggi itu.

”Hasil survei ini menunjukkan akseptabilitas Anies Baswedan mulai kurang diterima masyarakat DKI. Dia berada di posisi ketiga di bawah RK dan Kaesang Pangarep, serta hanya unggul tipis atas Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno,” paparnya.

Fetra juga menyampaikan, popularitas RK di Jakarta masuk jajaran atas. Tingkat popularitasnya menyentuh angka 95,3 persen.

Angka itu lebih tinggi dari tingkat popularitas Sandiaga  Uno (92,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (90,8 persen), Tri Rismaharini (90,4 persen), Heru Budi Hartono (87,6 persen), dan Kaesang Pangarep (80,6 persen).

Baca juga : Satu Atau Dua Putaran, Elektabilitas Prabowo-Gibran Semakin Stabil

“Popularitas RK di Jakarta juga tercatat lebih tinggi ketimbang mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Purnawirawan Dudung Abdurachman yang pernah bertugas sebagai panglima Kodam Jaya/Jayakarta,” ungkapnya. 

LSJ menyebut, survei yang mereka lakukan memiliki tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen dengan margin of error lebih kurang 3,3 persen

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.