Dark/Light Mode

Usai Debat Cawapres Kedua, Tagar Gibran Menggema Di Medsos

Senin, 22 Januari 2024 11:15 WIB
Capres Prabowo Subianto (kiri) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka, seusai debat Cawapres yang digelar KPU di JCC Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Foto: TKN Prabowo-Gibaran)
Capres Prabowo Subianto (kiri) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka, seusai debat Cawapres yang digelar KPU di JCC Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Foto: TKN Prabowo-Gibaran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati media, Prabu Revolusi menyatakan Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming paling banyak dibicarakan di media sosial usai Debat Cawapres kedua yang digelar KPU, Minggu (21/1/2024).

Gibran mendominasi dari Cawapres 01 Muhaimin Iskandar dan 03 Mahfud MD.

“Pembicaraan tentang Gibran mendominasi percakapan dan pemberitaan di dunia digital atau media baru hingga 55,4 persen. Sementara Cak Imin menempati posisi kedua 29,4 persen. Pak Mahfud di posisi ketiga dengan persentase sebesar 15.2 persen,” kata Prabu, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Baca juga : Relawan Kami Gibran Gelar Konser Di Basis Paslon 03

Prabu juga menjelaskan jumlah pembahasan yang terjadi setelah debat Cawapres.

Berdasarkan data statistik yang dihimpun pihaknya, Mahfud MD mencatatkan total volume pembahasan sebanyak 61.522.

Disusul Cak Imin sebanyak 119.425 dan Gibran Rakabuming Raka di angka 225.063.

Baca juga : Ini Rekam Jejak Mahfud Perjuangkan Hak Masyarakat Adat

Mengenai justifikasi lebih lanjut yang disampaikan Prabu, persepsi prospektif tersebut didasarkan pada keseluruhan wacana yang ada saat ini.

Dengan demikian, Gibran yang menempati peringkat pertama diskusi juga memiliki potensi tayangan terbanyak 3,1 miliar. Mengungguli Cak Imin 2,3 miliar dan Mahfud MD 982,7 juta.

“Dari data ini kita bisa melihat bahwa Gibran Rakabuming mendominasi perhatian dari publik terutama publik yang menyaksikan melalui beberapa platform media sosial, maupun pemberitaan online” jelas Prabu.

Baca juga : Debat Cawapres Nanti Malam, Kaesang: Mahfud Bakal Jadi Lawan Berat Gibran

Menurut Prabu, selain volume diskusi, metrik juga bisa digunakan untuk mengetahui popularitas Cawapres di media sosial. Misalnya, berdasarkan metrik suka, komentar, keterlibatan, dan jangkauan data tertentu.

"Berdasarkan performa digital saat debat Cawapres, Gibran Rakabuming Raka tampil sebagai pemenang dari semua faktor," ungkap Prabu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.