Dark/Light Mode

Ini Alasan PSI Gelar Kampanye Akbar Perdana Di Solo

Senin, 22 Januari 2024 18:25 WIB
Kampanye akbar perdana Partai Solidaritas Indonesia PSI di Lapangan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024) berlangsung cukup meriah. Ribuan pendukung PSI memenuhi Lapangan Jajar. (Foto: Ist)
Kampanye akbar perdana Partai Solidaritas Indonesia PSI di Lapangan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024) berlangsung cukup meriah. Ribuan pendukung PSI memenuhi Lapangan Jajar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye akbar perdana Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Lapangan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024) berlangsung cukup meriah. Ribuan pendukung PSI memenuhi Lapangan Jajar.

Kampanye akbar perdana ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Solo merupakan daerah yang spesial karena merupakan kota kelahiran dari Kaesang, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dan cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka.

Mantan vokalis grup band Nidji sekaligus Dewan Pembina PSI, Giring Ganesha ikut memeriahkan kampanye akbar perdana dengan menyanyikan 'Ojo Dibandingke'. Para pendukung yang hadir pun ikut berjoget bersama.

Kaesang juga memborong es teh yang dijual oleh sejumlah pedagang UMKM di Lapangan Jajar, Solo. Es teh itu lalu dibagi-bagikan kepada pendukungnya.

Dalam kesempatan ini, Kaesang mempraktekkan cara mencoblos PSI dan Prabowo-Gibran. Dia mengatakan masyarakat dapat memilih PSI dengan mencoblos nomor urut 15 dan nomor urut 2 di kerta suara Pilpres untuk mencoblos Prabowo-Gibran.

Baca juga : Gelar Kampanye Akbar Perdana Di Solo, Kaesang: Ojo Lali Coblos PSI Dan Gibran

"Aku titip Mas Gibran, titip PSI yo," ujar Kaesang kepada para pendukungnya.

Kaesang juga memberikan jaket Naruto bewarna biru yang dipakai Gibran pada saat debat cawapres, Minggu 21 Januari 2024. Saat diminta pendukungnya, Kaesang menyebut jaket tersebut milik sang kakak.

"Ini jaket punya Mas Gibran," ucapnya.

Namun, para pendukungnya tetap berteriak menginginkan jaket Naruto yang dipakai Kaesang. Akhirnya, Kaesang melemparkan jaket Naruto yang dikenakannya dari atas panggung.

"Hati-hati semua, jangan berebut," kata Kaesang.

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Partai Gelora Naik Akibat Pendekatan Moderat

Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni menjelaskan alasan memilih Kota Solo sebagai lokasi kampanye akbar perdana. Hal ini, kata dia, berdasarkan hasil survei dimana PSI berada di peringkat kelima di Jawa Tengah.

"Hari ini zonasi Pak Prabowo dan Gibran dengan partai koalisi salah satunya di Jateng. Kebetulan secara kalkulasi politik, Solo adalah kota yang baik untuk memulai kampanye terbuka ini," jelas Raja Juli kepada wartawan di lokasi.

"Alhamdulillah kampanye terbuka ini temen-temen ketahui (survei) Litbang Kompas, menempatkan PSI di urutan kelima di Jateng (setelah) PDIP, Gerindra, Golkar dan kelima PSI," sambungnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengeluarkan dan menetapkan jadwal Kampanye Akbar, pada Pemilu 2024. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 78 Tahun 2024, dan ditandatangani oleh Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU RI.

Dalam SK tersebut dijelaskan, penyusunan jadwal Kampanye Akbar tersebut berdasarkan melalui metode rapat umum bersama-sama dengan masing-masing tim paslon. Kampanye Akbar ini diketahui mulai 21 Januari-10 Febuari 2024.

Baca juga : Relawan Buruh Banjiri Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud Di Bandung

"Kampanye Pemilihan Umum melalui metode Rapat Umum bagi Partai Politik Peserta Pemilu dan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden," tulis dalam SK KPU RI seperti dikutip, Kamis 18 Januari 2024.

Dalam SK itu tertulis ada 14 Partai Politik (Parpol) pengusung pasangan capres-cawapres seperti PKB, NasDem, PKS, Gerindra, Golkar, Partai Garuda, PAN, PBB, Demokrat, PSI, PDIP, Hanura, Perindo dan PPP.

Kemudian, ada empat Parpol Non-pengusul lainnya yakni Partai Buruh, Gelora, PKN dan UMMAT.

"Jarak waktu/interval pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum melalui metode Rapat Umum Peserta Pemilu pada setiap zona adalah selama 1 hari," ujarnya.

Kemudian, dalam SK tersebut juga tertulis adanya tiga zona untuk kampanye. Dua zona sebanyak 13 provinsi dan satu zona sebanyak 12 provinsi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.