Dark/Light Mode

Jelang Kampanye Akbar, Wapres Ingatkan Pemilu Damai

Sabtu, 20 Januari 2024 06:04 WIB
Wakil Presiden KH Maruf Amin saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Brawijaya Halal Summit, di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat 19/01/2024.
Wakil Presiden KH Maruf Amin saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Brawijaya Halal Summit, di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat 19/01/2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses Pemilu 2024 akan memasuki tahap kampanye akbar, yang akan berlangsung mulai 21 Januari hingga 7 Februari 2024. Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengingatkan semua pihak untuk mematuhi pakta integritas yang telah disepakati yaitu mewujudkan Pemilu damai dan riang gembira.

“Saya harap, kita kan sudah sama-sama punya kesepakatan, pakta integritas, bahwa semua akan berjalan dengan damai, dengan riang gembira di dalam berkontestasi,” kata Wapres saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Brawijaya Halal Summit, di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (19/01/2024).

Baca juga : PSIĀ Maksimalkan Masa Kampanye Terbuka Untuk Sosialisasikan Program

Lebih lanjut, Wapres mengingatkan khususnya kepada para kontestan yang akan mengerahkan massa dalam jumlah besar dalam kampanye akbar, agar mempersiapkan penjagaan massanya secara maksimal. Hal ini untuk menghindari adanya berbagai tindakan anarkis yang dapat memicu kerusuhan. 

“Karena memang ini akan mulai mengerahkan massa, saya kira memang perlu ada kesiapan masing-masing untuk menjaga massanya. Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada saling mengejek. Itu bisa saja kan, mereka yang sedang mengadakan (kampanye) dicegat oleh mereka (massa) lain, sehingga terjadi konflik,” paparnya. 

Baca juga : Tolak Isu Pemakzulan, Prakarsa Aktivis Pro Persatuan Serukan Pemilu Damai

Karena itu, Wapres kembali mengajak seluruh pihak terkait untuk terus memberikan pengertian dan mengedukasi masyarakat agar tertib saat berkampanye. 

“Ini saya kira kalau semua punya komitmen untuk menjaga, insya Allah itu (konflik terbuka) tidak akan terjadi. Dari para kontestannya, dari aparat keamanannya, dari semua yang terlibat,” tutur Wapres. 

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Naik Tipis

“Itu yang saya harapkan. Dan pengalamannya kan kita bisa,” tambahnya, menegaskan.

Mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers kali ini, Wakil Gubernur Jatim Emil E. Dardak, Rektor Universitas Brawijaya Widodo, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.