Dark/Light Mode

Tanggapi Seruan Dan Petisi Kampus, Jokowi: Itu Hak Demokrasi, Harus Dihargai

Sabtu, 3 Februari 2024 20:40 WIB
Tanggapi Seruan Dan Petisi Kampus, Jokowi: Itu Hak Demokrasi, Harus Dihargai

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan tanggapan soal seruan dan petisi dari berbagai kampus, terkait situasi politik dan pemerintahan menjelang Pemilu 2024.

Kampus yang menyuarakan hal tersebut antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Indonesia (UI).

Baca juga : BNPT Berkomitmen Ciptakan Pesta Demokrasi yang Aman dan Damai

"Ya itu hak demokrasi yang harus kita hargai, ya," kata Jokowi dalam keterangan pers di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024).

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, dalam negara demokratis, kebebasan untuk menyampaikan pendapat, seruan, petisi, maupun kritik harus dihormati.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Kamis 25 Januari, Hadir Di 2 Lokasi

"Bapak Presiden (Jokowi) juga telah menegaskan, freedom of speech adalah hak demokrasi. Kritik adalah vitamin untuk terus melakukan perbaikan pada kualitas demokrasi di negara kita," kata Ari dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Menurutnya, perbedaan pendapat, perspektif, maupun pilihan politik adalah sesuatu yang sangat wajar dalam demokrasi. Terlebih, di tahun politik menjelang pemilu, pertarungan opini pasti terjadi.

Baca juga : Mahfud Nunggu Momentum Mundur, Jokowi: Itu Hak, Saya Sangat Menghargai

Ari menegaskan, Presiden Jokowi tetap berkomitmen melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi, sesuai nilai-nilai Pancasila dan koridor konstitusi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.