Dark/Light Mode

Asosiasi Petani Sawit se-Pulau Sumatera Gelar Konsolidasi Dukung Prabowo-Gibran

Minggu, 4 Februari 2024 15:20 WIB
Asosiasi Petani Sawit se-Pulau Sumatera Gelar Konsolidasi Dukung Prabowo-Gibran

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan petani sawit dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) di Provinsi Sumatera terus melakukan konsolidasi dukungan terhadap Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Sekjen APPKSI Arifin Nur Cahyono mengatakan, dukungan dari para petani sawit dikarenakan Prabowo-Gibran mampu mewujudkan lima agenda yang mereka ajukan.

"Dukungan petani sawit dari berbagai wilayah di Sumatera, APPKSI Perwakilan Sumatera Utara melakukan deklarasi dukungan pada Prabowo-Gibran di areal perkebunan sawit milik petani plasma di Deli Serdang," kata Arifin kepada awak media, Minggu (4/2/2024).

Baca juga : Puluhan Ribu Relawan Gaspoll Bro Konsolidasi Akbar Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

Adapun deklarasi dukungan APPKSI Aceh digelar di Kecamatan Kota Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan deklarasi dukungan APPKSI Riau dihelat di Kuantan Singingi Riau.Untuk deklarasi APPKSI Jambi dilakukan di Kabupaten Tebo Jambi.

"Deklarasi APPKSI juga akan dilakukan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur," ujar Arifin.

Para petani sawit berharap Prabowo-Gibran bisa menjalankan lima agenda yang diajukan oleh APPKSI jika keduanya terpilih di 14 Februari.

Baca juga : Keluarga Besar Bani Falaq Ikut Habib Luthfi Dukung Prabowo-Gibran

"Dukungan ini didasarkan pada program program Prabowo-Gibran yang mempercepat hilirisasi industri sawit dan mengedepankan pengurangan stunting secara masif, dengan program peningkatan gizi dan pendidikan bagi masyarakat kecil sepertinya kami para stakeholders industri sawit sepakat," tutur dia.

Diketahui, lima agenda APPKSI terhadap Prabowo-Gibran yakni pertama meminta agar dana pungutan ekspor CPO yang dihimpun oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) agar dialokasikan bagi pendidikan anak-anak mereka. Juga, mereka berhadap adanya pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, serta program bea siswa bagi anak-anak petani dan pekerja di perkebunan sawit.

"Kedua agar ada program dari Pemerintah untuk membangun sekolah menengah kejuruan perkebunan kelapa sawit di daerah daerah perkebunan sawit," terang APPKSI.

Baca juga : Dari Bandung, Perempuan Muda Muhammadiyah Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Dana pungutan ekspor CPO agar dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan di daerah areal perkebunan sawit, dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar areal perkebunan sawit.

"Keempat dana pungutan ekspor CPO agar benar benar digunakan untuk program pinjaman dana untuk revitalisasi kebun kebun petani plasma dan mandiri. Kelima mempercepat program sertifikasi lahan lahan perkebunan sawit para petani sawit plasma dan mandiri," pungkasnya.

Ratusan petani sawit dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) di Provinsi Sumatera terus melakukan konsolidasi dukungan terhadap Capres-Cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.