Dark/Light Mode

Debat Capres Pamungkas, Ganjar Ungkap Pentingnya Pembangunan yang Beradab

Minggu, 4 Februari 2024 23:17 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengungkap pentingnya pembangunan Indonesia yang beradab dalam Debat Capres pamungkas, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2). Pada paparan pembukanya, Ganjar menyampaikan, pembangunan Indonesia yang beradab terbagi atas tiga bagian.

“Pertama, kepribadian berbudaya yang mesti masuk di dalam jiwa setiap insan bangsa Indonesia. Kedua, kesehatan. Tindakan preventif akan membuat politik kesehatan menjadi lebih baik. Ketiga, akses kesehatan yang diperlukan di setiap desa yang terbaik,” kata Ganjar, saat menyampaikan Visi Misi pada Debat Capres 2024.

Ganjar juga menyatakan, bahwa ibu, anak, lansia, kelompok disabilitas, dan masyarakat akan mendapatkan peran sama dalam mengakses layanan kesehatan hingga ke daerah-daerah terisolasi. Demikian juga pendidikan dan kebudayaan harus dibangun secara bersama-sama oleh seluruh elemen bangsa.

Baca juga : Anies-Prabowo-Ganjar Jangan Nyerang Personal

“Kurikulum pendidikan, fasilitas, dan inklusi dalam memberikan akses terbaik. Kita harus bisa memberikan akses terbaik kepada anak-anak didik kita, termasuk nasib guru dan dosen,” kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga memaparkan pentingnya memperhatikan masyarakat yang terpinggirkan. Ia lalu menyebutkan pentingnya memberdayakan para penyandang disabilitas mendapatkan sekolah yang inklusif dan tanpa diskriminasi.

“Keterampilan lewat pendidikan yang baik bisa mendorong lapangan pekerjaan yang lebih baik,” jelas mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini.

Baca juga : Jalankan Tanggung Jawab Sosial, IWIP Bantu Pembangunan Masyarakat Sekitar

Ganjar melanjutkan, apabila terpilih sebagai Presiden ke-8 RI, ia akan mengkaji ulang Undang-Undang Cipta Kerja dalam rangka menciptakan keseimbangan dan lebih berorientasi pada manusia. Selain itu, tambah Ganjar, demokrasi sebagai penerus suara rakyat juga harus dijaga keberadaannya agar berjalan baik.

Secara terpisah, Dewan Pakar Politik TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam, mengatakan, kehadiran Ganjar di atas panggung selain memberikan kesan yang kuat secara visual, juga membawa pesan bahwa mereka memiliki visi dan komitmen kuat untuk memajukan negeri ini.

“Dengan memberikan salam kepada hadirin dengan bahasa isyarat, mereka juga menunjukkan inklusivitas dan kepedulian terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas,” ujar AS Hikam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.