Dark/Light Mode

Pengamat Puji Pernyataan Penutup Prabowo: Berjiwa Besar, Siap Menang & Merangkul

Senin, 5 Februari 2024 12:52 WIB
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, ditemani Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan closing statement di Debat Capres pamungkas, di JCC, Minggu malam (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, ditemani Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan closing statement di Debat Capres pamungkas, di JCC, Minggu malam (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, closing statement atau pernyataan penutup Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada Debat Capres terakhir, Minggu malam (4/2) membawa kesejukan dalam menjelang hari pencoblosan.

Ujang melihat, masyarakat merespons positif hingga memuji ketika Prabowo meminta maaf kepada Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Menurut Ujang, closing statement yang disampaikan Prabowo mengandung pesan yang elegan dalam konteks mendamaikan dan memberikan semangat agar Pilpres 2024 berjalan dengan tentram dan tertib. "Closing statement yang disampaikan Prabowo itu memberikan semangat agar (seluruh pihak) tetap bersatu," kata Ujang, di Jakarta, Senin (5/2).

Selain itu, closing statement tersebut juga menunjukkan kapasitas Prabowo sebagai calon pemimpin yang punya kemampuan kuat untuk menjadi presiden yang layak dibanggakan oleh masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

"Closing statement tersebut menunjukkan Prabowo berjiwa besar dalam mengikuti kontestasi untuk siap menang memimpin bangsa ini dan siap juga bersatu merangkul pihak-pihak lain," ujarnya.

Baca juga : Pengamat Apresiasi Pernyataan Penutup Prabowo: Merangkul, Pentingkan Persatuan

Oleh karena itu, tak heran jika respons netizen sangat positif terhadap Prabowo saat menyampaikan closing statementnya. Ujang menilai, hal ini bisa jadi keberuntungan Prabowo dalam mendapatkan kepercayaan dari rakyat Indonesia.

"Pilpres 2024 kelihatannya keberuntungan bisa menghinggapi dirinya, bisa saja beliau punya kesempatan terpilih jadi presiden 2024," tuturnya.

Pada penutupan Debat kelima kemarin malam, Prabowo mengucapkan permintaan maaf kepada kedua paslon serta KPU selama berlangsungnya penyelenggaraan kegiatan debat sejak Desember 2023 lalu.

"Saya atas nama Prabowo-Gibran dan KIM minta maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar, seandainya ada kata-kata yang kurang berkenan. Kami juga mohon maaf ke KPU kalau ada kata yang kurang pas," kata Prabowo, di JCC Senayan, Minggu (4/2) kemarin.

"Saudara-saudara sekalian, yang penting kita harus rukun dengan semua kalangan teruatama kerukunan dengan pemimpin-pemimpin Indonesia. Saya tetap mengganggap Pak Anies dan Pak Ganjar saudara saya," sambungnya.

Baca juga : Pernyataan Pamungkas Debat, Prabowo Sampaikan Maaf kepada Paslon 1 dan 3

Melihat permintaan maaf yang secara langsung dilayangkan Prabowo ditemani Gibran, para netizen langsung berkomentar. Salah satunya komika Indonesia Kiky Saputri yang mengaku sangat tersentuh dengan sikap Prabowo yang dinilai tegas, tapi kali ini sangat lembut dan santun.

"Ya Allah. Terima kasih sudah sangat gentle untuk minta maaf dan merangkul semua demi kerukunan. Terima kasih sudah berterima kasih dan tidak melupakan jasa siapa pun. Terima kasih tidak mendiskreditkan dan mengkerdilkan siapa pun. Terima kasih Terima kasih," ucap Kiky pada akun X pribadinya @kikysaputrii.

"Kekuatan cinta kekuatan memaafkan , kekuatan menghargai, kekuatan merangkul untuk semua, kekuatan persatuan untuk membangun negeti, kekuatan Prabowo Gibran, untuk Indonesia kuat, adil dan makmur," komentar akun X lainnya dari @NyaiiBubu.

"Sementara yang lain masih menggebu-gebu, closing statement Prabowo paling pas untuk debat terakhir. Menyampaikan permintaan maaf pada paslon lain serta menyerukan rekonsiliasi dan kolaborasi," tulis akun @PartaiSocmed.

Lalu, Rudi Valinka juga turut berkomentar. Ia menilai, closing statement Prabowo menunjukkan kualitas pribadi dari sosok yang rendah hati. Hal tersebut semakin meyakinkan dirinya bahwa paslon nomor urut 2 bakal mampu mencapai satu putaran.

Baca juga : Ketum DPP Gibran Center Optimis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

"Closing terbaik di #debatcapres2024 adalah paslon 02 Prabowo-Gibran. Pasangan yang rendah hati, meminta maaf dan mengakui kalo paslon lain adalah putra-putra terbaik serta sekali lagi menyatakan 'Akan Menjadi Presiden bagi seluruh Rakyat Indonesia'. Fix 1 putaran buat 02," ujar akun @kurawa.

Tak hanya itu, netizen di media sosial TikTok juga ramai merespons positif sikap Prabowo. Banyak di antara mereka yang menginginkan sosok Prabowo agar dapat terwujud menjadi pemimpin Indonesia pada 2024 ini.

"Closing statement yang super duper keren," ucap akun bernama Tasya.

"Pak Prabowo, maaf dan terima kasih adalah kata-kata yang susah diucapkan oleh manusia," timpal komentar netizen TikTok lainnya.

"Ya Allah, jadikanlah pak Prabowo memimpin negara ini," ujar Ramadhan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.