Dark/Light Mode

Petani Tebu Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Selasa, 6 Februari 2024 13:06 WIB
Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) memastikan dukungannya untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)
Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) memastikan dukungannya untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) memastikan dukungannya untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Dukungan digelar serentak di berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Di antaranya, Banyuwangi, Lumajang, Jember, Cirebon, Mojokerto, Gresik, Jombang, Pati, dan Rembang.

Ketua Umum DPN APTRI Soemitro Samadikoen mengatakan, dukungan terhadap Prabowo-Gibran diberikan di pengujung menjelang pencoblosan setelah mempertimbangkan berbagai hal.

Soemitro mengaku mengenal baik Prabowo sebagai figur yang mau mendengar keluh-kesah petani.

"Saya maupun pengurus APTRI lain mengenal baik Prabowo sebagai figur yang mudah ditemui dan mau mendengar keluh-kesah petani. Beliau kan pernah menjadi Ketua Umum HKTI pada 2004-2009. Jadi, wajar jika kami menyalurkan aspirasi kepada Bapak Prabowo," kata Soemitro dalam keterangan resminya, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : Budiman Sudjatmiko Jelaskan Makna Pernyataan Penutup Prabowo di Debat Pamungkas Pilpres 2024

Sementara itu Sekretaris DPD APTRI Jawa Barat Ali Majaji menambahkan, Prabowo memiliki posisi strategis sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

"Dia bosnya, bukan petugas partai. Jadi bisa mengambil kekuatan besar menyangkut nasib petani sebagai pimpinan partai terbesar di Indonesia," tegasnya.

Ketua APTRI Jawa Timur Suigsan mengatakan, petani merasa lebih dekat secara emosional kepada Prabowo karena lama bersama petani dan paham akan masalah pertanian.

Selain itu, sikap Prabowo-Gibran tegas mendukung dan menempatkan petani sebagai mitra usaha sektor pertanian dan industri.

"Program Probowo-Gibran untuk lebih kongkrit hal itu dirasakan para petani khususnya petani tebu di Jawa Timur," jelasnya.

Baca juga : 20 Ribu Pengusaha Dan Pekerja Komitmen Menangkan Prabowo-Gibran Sekali Putaran

APTRI menitipkan jika Prabowo-Gibran terpilih sebagai pemenang Pemilu 2024 ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki.

Pertama, meningkatkan sarana prasarana pertanian, mulai dari ketersediaan bibit yang unggul dan mumpuni.

Kedua, ketersediaan Pupuk bersubsidi bagi keseluruhan kebutuhan tanaman tebu.

Ketiga, perbaikan infrastruktur pengairan mulai dari pengerukan embung sampai revitalisasi saluran pengairan sampai di sawah.

Kelima, perbaikan pabrik gula milik BUMN atau pembuatan pabrik baru. Petani tebu berharap adanya kredit dari perbankan dengan bunga super ringan mulai kredit budidaya tanam, hingga kredit pengamanan gula pada saat panen.

Baca juga : PSI Ajak Pendukung Jokowi Coblos Prabowo-Gibran

Mengembalikan kejayaan petani tebu Indonesia sehingga mampu menjaga kemampuan pangan khususnya gula hasil pengolahan tebu rakyat Indonesia.

Untuk diketahui, APTRI adalah satu-satunya organisasi petani tebu di Indonesia dengan basis anggota petani pemilik lahan yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Sulawesi, dan berbagai daerah di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.