Dark/Light Mode

Hadir Di Tabrak Prof

Dibantu Mahfud MD, Difabel Ini Akhirnya Bisa Nyoblos

Selasa, 6 Februari 2024 18:30 WIB
Destares Iskandar bersama Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD di Forum Tabrak Prof di Koat Kopi, Seturan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam. Foto: Istimewa
Destares Iskandar bersama Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD di Forum Tabrak Prof di Koat Kopi, Seturan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang penyandang disabilitas asal Depok, Jawa Barat, yang nyaris kehilangan hak pilihnya datang ke acara Tabrak Prof! yang berlangsung di Koat Kopi, Seturan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam.

Warga bermama Destares Iskandar itu sengaja datang untuk mengadukan masalahnya ke Mahfud MD yang hadir sebagai Cawapres 03 untuk berdialog dengan warga.

Kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, Destares mengaku dirinya sempat mengalami penolakan di KPUD saat mengurus surat pindah untuk memilih di Yogyakarta.

Padahal sebagai difabel, ia sedang menjalani pengobatan di kota pelajar tersebut. Setelah mendengar dan menjawab keluhan disabel ini, Mahfud MD langsung meminta timnya untuk membantu mengurus kepindahan warga tersebut.

"Bapak tetap punya hak untuk memilih dalam Pemilu, dan untuk pindah lokasi masih bisa diusahakan sampai tanggal tujuh Februari, besok tim saya akan membantu bapak," ujar Mahfud yang disambut suka cita oleh Destares.

Baca juga : Funwalk Di Pasuruan, Mahfud Dikawal Ribuan Kader Hanura

Hari Selasa ini, warga Depok tersebut mengirimkan ucapan terima kasih kepada Mahfud MD karena sudah membantunya dalam pengurusan pindah tempat mencoblos.

Berkat pendampingan dari tim Mahfud MD, Destares pada tanggal 14 Februari nanti bisa memilih di wilayah KPU Sleman.

"Kepada Prof. Mahfud MD saya ingin mengucapkan terima kasih karena berkat bapaklah saya akhirnya kembali mendapatkan hak pilih saya di Pemilu ini, dibantu oleh tim bapak, murid-murid bapak yang betul-betul luar biasa membantu saya," kata Destares.

Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah sempat putus asa dan ingin melepas hak konstitusionalnya pada Pemilu 2024 nanti. Sebab, ia menilai, tidak bisa memilih karena sedang sakit dan tidak berada di kota asalnya, Depok.

Tapi, berkat bantuan Tim Animasi, pada Pemilu kali ini ia tetap bisa memberikan suaranya. Tim Animasi (Anak Ideologis Mahfud MD se Indonesia) merupakan murid-murid Mahfud MD yang berasal dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga : Hadiri Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud, 25 Ribu Buruh Penuhi Stadion GBK

Mereka mendampingi Destares mengurus surat pindah memilih di KPU Sleman. Itu sebabnya, warga penyandang disabilitas ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Cawapres pasangan Ganjar Pranowo itu.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada bapak dan tim bapak yang luar biasa sekali dalam menolong saya, saya merasa bahagia karena hak konstitusional saya, saya dapatkan lagi, dan saya bisa mengikuti pemilu di Daerah Istimewa Yogyakarta di Sleman, ini buktinya," ujar pria yang sehari-hari menggunakan alat bantu tongkat tersebut.

Destares juga mengucapkan terima kasih karena diberi jaket bomber khas paslon 3 oleh Mahfud MD kepadanya di akhir acara Tabrak Prof! tersebut.

"Jadi, bapak, terima kasih sekali atas jasa bapak dan murid-murid bapak, mudah-mudahan perjuangan kita menghasilkan, karena jujur saya dari dulu adalah pengagum bapak. Walau bapak tidak mengenal saya sebelumnya yang membuat saya terharu, bapak memberi saya jaket, itu luar biasa pak," kata Destares.

Koordinator Animasi, Hanif Muhammad menjelaskan, Destares sebelumnya sakit stroke dan tumor sehingga diminta berobat ke Yogya.

Baca juga : Ini Tawaran Program Mahfud MD Untuk Serambi Mekah

Ia sudah pernah menjalani rawat inap di RS Bethesda dan di RS Sardjito, bahkan pengobatan terakhir dijalani baru Desember lalu.

"Alhamdulillah, formulir A5 pagi tadi sudah dapat, Pak Destares bisa memilih nanti di TPS 15, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY," ujar Hanif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.