Dark/Light Mode

Forum Alumni dan Wali Santri Gontor Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Rabu, 7 Februari 2024 13:13 WIB
Koordinator Forum Alumni dan Wali Santri Gontor, Hariqo Wibawa Satria (Foto: Istimewa)
Koordinator Forum Alumni dan Wali Santri Gontor, Hariqo Wibawa Satria (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Alumni dan Wali Santri Gontor mendeklarasikan dukungan untuk Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam Pilpres 2024. Mereka menilai Prabowo sebagai sosok yang memiliki kesalehan sosial.

"Pak Prabowo punya perhatian besar untuk orang lain, bukan fokus pada dirinya. Pak Prabowo mempunyai kesalehan sosial. Dengan ini, kami Forum Alumni dan Wali Santri Gontor menyatakan mendukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024," kata Koordinator Forum Alumni dan Wali Santri Gontor, Hariqo Wibawa Satria, di Jakarta, Selasa (6/2).

Hariqo menyebut, pihaknya menilai mantan Komandan Jendral Kopassus itu telah memberikan dampak sosial yang besar bagi masyarakat Indonesia. Kata dia, sejak usia 17 tahun Prabowo sudah membangun desa. Sejak 16 tahun lalu, Prabowo juga sudah memberikan susu dan makan gratis serta bantuan pendidikan untuk masyarakat, dengan uang pribadinya.

Baca juga : Tiga Pesantren Besar Dukung Prabowo-Gibran

“Pak Prabowo menyumbang Rp 5 miliar untuk Palestina. Yang terbaru adalah pengakuan dari Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Dr KH Nasaruddin Umar, yang mengatakan, kami mendapatkan beasiswa kuliah di McGill, Montreal, Canada, Pak Prabowo adalah sponsornya, bahkan kami tinggal lima tahun di rumah Pak Prabowo dan tidak dipungut biaya. Intinya Pak Prabowo sudah berbuat banyak sebelum menjadi pejabat," ujar penulis buku Biografi Pemikiran Lafran Pane ini.

Selain itu, Hariqo menuturkan, Prabowo sudah membantu jutaan orang dan mengorbitkan ribuan anak muda menjadi pemimpin, termasuk para alumni Gontor dan santri lainnya.

"Alhamdulillah, Pak Prabowo adalah Capres yang paling banyak menggunakan hartanya, jaringannya, tenaganya, organisasinya demi mendukung ribuan anak muda untuk menjadi pemimpin di berbagai bidang kehidupan. Pak Prabowo pernah mendukung Jokowi, Ahok, Anies Baswedan, Sandi, Ridwan Kamil, Bima Arya, dan ribuan nama menjadi kepala daerah, anggota DPR, DPRD, sekarang saatnya Prabowo" jelas Hariqo.

Baca juga : Komunitas AMAN Resmi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

"Di antara ribuan orang yang didukung Pak Prabowo tersebut, juga terdapat alumnus Gontor dan alumnus Pesantren lain," lanjutnya.

Hariqo juga menjelaskan karakter Prabowo yang pemaaf dan memaafkan. "Prabowo termasuk tokoh yang paling sering dikhianati dan Prabowo memaafkan, bahkan dalam debat Pilpres, hanya Prabowo yang berani meminta maaf kepada dua capres lainnya. Dari debat Pilpres, kita jadi tahu, Prabowo Gibran punya program makan siang dan susu gratis untuk seluruh santri dan pelajar, meningkatkan dana abadi pesantren menjadi 50 triliun, dan program inkubasi bisnis untuk 5000 pesantren." kata pria yang pernah menulis tentang "Legasi KH Abdullah Syukri Zarkasyi" ini.

Alumnus Pesantren Modern Gontor tahun 1999 ini kemudian menjelaskan pentingnya rekonsiliasi Prabowo dengan Presiden Jokowi yang menjadi pesaingnya dalam dua edisi Pilpres. Ia menyebut rekonsiliasi kedua tokoh berkontribusi menghentikan polarisasi di tengah masyarakat.

Baca juga : Tharekat Ulama Nusantara Tangsel Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

"Allah SWT telah mengabulkan doa dari almarhum ulama besar KH Maimoen Zubair, agar Pak Jokowi dan Pak Prabowo bersatu dan saling mengasihi. Hal ini sudah dijelaskan oleh ulama besar Gus Baha," jelas Hariqo.

Lebih lanjut, Hariqo menegaskan, dukungan tersebut tidak mewakili Gontor secara kelembagaan. Kendati demikian, Hariqo menilai dukungan pada Prabowo-Gibran perlu dideklarasikan secara terbuka karena sebelumnya muncul pihak yang mengatasnamakan alumni dan wali santri Gontor untuk mendukung Capres tertentu.

"Pada akhirnya, sikap ini perlu kami sampaikan secara terbuka, karena sudah ada timses capres lain yang tanpa konfirmasi kepada seluruh wali santri dan seluruh alumni, tiba-tiba mengatasnamakan seluruh kami," pungkas Hariqo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.