Dark/Light Mode

Ponpes Tebuireng Tegaskan Dukungan Ke Prabowo-Gibran

Selasa, 6 Februari 2024 15:34 WIB
Ponpes Tebuireng Jombang menyampaikan doa dan dukungan, bagi kemenangan Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)
Ponpes Tebuireng Jombang menyampaikan doa dan dukungan, bagi kemenangan Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ponpes Tebuireng Jombang menyampaikan doa dan dukungan, bagi kemenangan Prabowo-Gibran. Tebuireng, pesantren yang didirikan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari, merupakan salah satu pesantren yang memiliki pengaruh terbesar di Indonesia.

Dukungan Tebuireng disampaikan langsung oleh zuriyat atau keturunan KH Hasyim Asy'ari. Yakni Gus Irfan Yusuf, Gus Billy Wahid, Gus Yusuf Adnan Kikin, dan Gus Ifan Fahmi dalam acara Maklumat Tebuireng, Selasa (6/2/2024).

Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU nonaktif Erick Thohir, Ketua TKN Muda Prabowo-Gibran Arief Rosyid Hasan, dan Tsamara Amany turut hadir dalam acara yang digelar di Tebuireng itu.

Sesepuh Tebuireng, Nyai Farida Solahudin Wahid menerima langsung Erick Thohir dan rombongan.

Baca juga : Konsolidasi Di Banten, 1.200 Mahasiswa-Pemuda PMP Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Usai diterima Nyai Farida Solahudin Wahid, Erick berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, Gus Dur, dan tokoh-tokoh Tebuireng lain.

Setelah itu, Erick menghadiri Maklumat Tebuireng yang menegaskan dukungan untuk Prabowo-Gibran.

Dalam sambutannya, Ponpes Tebuireng yang diwakili Gus Ifan Fahmi yang didampingi Gus Irfan Yusuf, menyatakan dukungan pada Prabowo-Gibran dalam kontestasi Pemilu 2024.

"Mengajak semua pihak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 14 Februari 2024. Dengan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029," tutur Gus Ifan, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : Petani Tebu Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Gus Ifan berharap, maklumat dukungan Tebuireng pada Prabowo-Gibran itu dapat diikuti para santri dan alumni.

"Demikian maklumat ini disampaikan agar menjadi panduan bagi para santri, alumni, dan masyarakat umum," ujarnya.

Ponpes Tebuireng berharap, kontestasi Pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 bisa berlangsung lancar dan damai. Tebuireng menilai perlunya kepemimpinan yang berkelanjutan, yang sesuai dengan semangat mengayomi seluruh pihak.

"Kita perlu keberlanjutan kepemimpinan nasional, yang mendukung visi Indonesia Emas 2045. Kita perlu kepemimpinan nasional, yang sesuai dengan ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah an-nahdhiyyah yang moderat dan mengayomi semua kelompok kebangsaan," tegas Gus Ifan, membacakan Maklumat Tebuireng.

Baca juga : Emil Dardak Tegaskan, Putusan DKPP Tak Terkait Pencalonan Gibran, Ini Alasannya

Sebagai pesantren yang memiliki sejarah panjang dan pengaruh besar, Maklumat Tebuireng dinilai sangat signifikan untuk mendongkrak suara Prabowo-Gibran. Utamanya, di wilayah basis santri.

Dukungan Tebuireng menjadi suntikan positif bagi target satu putaran, yang dicanangkan oleh tim sukses paslon 02.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.