Dark/Light Mode

APPKSI Kaltim Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran Di Pilpres 2024

Rabu, 7 Februari 2024 21:36 WIB
(Foto: Ist)
(Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) wilayah Kalimantan Timur menyampaikan seruan kepada seluruh para petani sawit se-Kalimantan Timur untuk memilih pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024

Ketua APPKSI Kalimantan Timur, Hamdan mengatakan, seruan dukungan kepada anggota APPKSI di Kaltim ini juga mendesak Prabowo jika terpilih sebagai Presiden agar menjalankan program-program yang lebih berpihak pada stakeholders industri sawit. Terutama pada kaum petani sawit yang selama ini banyak berkontribusi dalam Industri perkebunan Kelapa sawit

"Deklarasi APPKSI atau seruan dukungan kepada anggota APPKSI di Kalimantan Timur ini juga mendesak pada Prabowo Subianto jika terpilih sebagai Presiden agar menjalankan program program yang lebih berpihak pada stakeholders industri sawit terutama pada kaum petani sawit yang selama ini banyak berkontribusi dalam Industri perkebunan Kelapa sawit," ujar Hamdan dalam deklarasi APPKSI Kalimantan Timur di Desa Muara Kaman Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (7/2/2024).

Hamdan mengatakan, selama ini ada beberapa faktor penyebab keragu-raguan Pemerintah dalam mengakui hak atas tanah bagi para petani sawit mandiri dan plasma. Menurut dia, alasan memilih dukungan ke Prabowo, karena Menteri Pertahanan itu pernah menjadi ketua umum HKTI.

Baca juga : Deklarasi Dukungan, Perempuan Tionghoa Ingin Indonesia Maju Bersama Prabowo-Gibran

"Kita pilih Prabowo karena Prabowo pernah jadi ketum HKTI. Jadi lebih memahami masalah petani dibandingkan capres lainnya," ujarnya.

Adapun delapan agenda yang APPKSI usulkan pada Prabowo-Gibran ialah meminta agar dana pungutan ekspor CPO yang dihimpun oleh BPDPKS agar di alokasikan bagi pendidikan anak anak kami dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta program bea siswa bagi anak anak petani dan pekerja di perkebunan sawit 

Kedua, agar ada program dari Pemerintah untuk membangun sekolah menengah Kejuruan Perkebunan Kelapa Sawit di daerah daerah perkebunan sawit. Ketiga, dana pungutan ekspor CPO agar dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan di daerah areal perkebunan sawit, dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar areal perkebunan sawit. 

Keempat, dana pungutan ekspor CPO agar benar-benar digunakan untuk program pinjaman dana untuk revitalisasi kebun kebun petani plasma dan mandiri. Kelima mempercepat program sertifikasi lahan lahan perkebunan sawit para petani sawit plasma dan mandiri. Keenam membuang hambatan besar yang dihadapi oleh petani sawit yang belum mendapat pengakuan hak atas tanah. 

Baca juga : TKN Minta Relawan Gaet Pemilih, Pertebal Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres

Ketujuh, mendorong perbankan dan lembaga-lembaga keuangan untuk tidak ragu dalam memberikan pinjaman atau kredit kepada petani. Tujuannya agar petani tidak sulit berinvestasi dalam praktik pertanian berkelanjutan. Seperti penanaman kembali dengan varietas bibit sawit yang lebih produktif atau menerapkan teknik pertanian ramah lingkungan.

Selain itu, petani plasma sawit juga menghadapi tantangan dalam mengakses layanan penyuluhan, bantuan teknis, dan program pelatihan yang bertujuan mendorong produksi sawit berkelanjutan.

"Layanan-layanan ini biasanya lebih mudah tersedia bagi entitas yang sudah diakui dan terdaftar secara formal, yang membuat petani plasma sawit sering berada di posisi kurang diuntungkan dalam hal memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan," sebut Hamdan. 

Sementara itu, pengamat politik Universitas Mulawarman (Unmul) Kalimantan Timur, Budiman mengatakan adanya dukungan dari asosiasi petani sawit yang tergabung dari APPKSI kepada pasangan nomor urut 02 merupakan bentuk kepercayaan petani sawit ingin mendapatkan perhatian untuk kehidupan yang layak.

Baca juga : Kampanye Akbar Prabowo-Gibran, Kaesang Tampil Beda Berbaju Pink

"Ya adanya dukungan asosiasi petani dari APPKSI Kaltim sebagai bentuk untuk memberikan kepercayaan kepada Prabowo-Gibran, karena mereka ingin mendapatkan perhatian untuk kehidupan yang layak," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.