Dark/Light Mode

Survei SPIN

Elektabilitas Prabowo-Gibran 54,8 Persen, Rakyat Ingin Pemilu Satu Putaran

Jumat, 9 Februari 2024 16:27 WIB
Foto: Zoom
Foto: Zoom

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara merilis hasil survei terbarunya untuk memotret potensi Pemilu 2024 yang akan berlangsung tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Salah satu aspek yang direkam oleh SPIN adalah apakah publik ingin Pemilu 2024 berlangsung satu putaran atau dua putaran. 

Dari data yang didapat, Igor menyebut bahwa mayoritas menginginkan Pemilu 2024 berjalan satu putaran saja.

Mereka yang menginginkan agar Pemilu satu putaran sebanyak 80,7persen. Sementara yang tidak setuju hanya 16,6 persen. Sedangkan yang tidak menjawab ada 2,7 persen.

"Publik yang menjawab setuju ini datang dari para pemilih ketiga pasangan calon yang tengah berkompetisi," kata Igor dalam rilis surveinya, Jumat (9/2/2024).

Baca juga : Tembus 53 Persen, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Makin Terbuka

Kemudian, dari data surveinya, mayoritas respondennya sudah menjadi pemilih loyal.

Artinya, pilihannya saat ini kemungkinan besar tidak akan berubah sampai pada detik-detik pencoblosan di bilik suara TPS.

Terlihat bahwa responden yang menyatakan tidak akan mengubah dukungan politiknya sangat besar, yakni 82 persen.

Sementara swing voters ada sebanyak 15,9 persen. Sedangkan yang tidak menjawab ada 2,1 persen.

Lantas bagaimana soal peluang keterpilihan capres-cawapres yang saat ini tengah berkompetisi di Pilpres 2024?

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,8 Persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Meningkat

Dari data yang didapat, sebanyak 54,8 persen responden memilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden dalam proses pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 nanti.

"Elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Gibran semakin tak terbendung. Sebanyak 54,8 persen telah menjatuhkan pilihannya kepada paslon Prabowo-Gibran," terang Igor.

Sementara untuk posisi kedua, ada paslon nomor urut 01 yakni Anies Rasyid Baswedan yang berpasangan dengan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Skor mereka adalah 24,3 persen.

Sementara di posisi ketiga ada paslon nomor urut 03 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mereka meraih 16,1 persen. Sementara undecided voters masih sebanyak 4,8 persen.

Dengan disparitas persentase yang sangat tinggi antara paslon 01 dengan 02 pun, Igor menilai bahwa peluang kemenangan Pilpres 2024 akan diraih oleh Prabowo Gibran.

Baca juga : Pemuda Pemilih Pandai Banten Yakin Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

"Gap elektabilitas Prabowo-Gibran dengan dua paslon lainnya sangat besar. Sehingga bila seluruh undecided voters ditambahkan kepada kedua paslon sudah tidak akan mampu menggeser klaim kemenangan dari paslon Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024," ucapnya.

Sekadar diketahui, bahwa survei tersebut dilakukan dalam rentang waktu 5-8 Februari 2024 dengan menggunakan metode randomdigitdialing dan menggunakan bantuan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

Dalam pengambilan sampel, SPIN melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Hasilnya, margin of error (MoE) kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.