Dark/Light Mode

Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,8 Persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Meningkat

Jumat, 9 Februari 2024 13:15 WIB
Lima hari jelang pencoblosan, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas Capres-cawapres. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 51,8 persen. (Foto: Istimewa)
Lima hari jelang pencoblosan, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas Capres-cawapres. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 51,8 persen. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima hari jelang pencoblosan, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas Capres-cawapres. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 51,8 persen.

Dari hasil tersebut, Indikator menyebut peluang pilpres satu putaran meningkat. Survei Indikator digelar pada periode 28 Januari hingga 4 Februari 2024.

Survei dilakukan kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat. Survei memiliki margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Pemuda Pemilih Pandai Banten Yakin Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, hasil survei menggunakan simulasi surat suara diperoleh hasil Prabowo-Gibran berada di peringkat pertama dengan 51,8 persen.

Sementara di peringkat kedua adalah Anies-Muhaimin 24,1 persen, dan di peringkat ketiga Ganjar-Mahfud 19,6 persen.

"Masih ada 4,5 persen pemilih yang waktu kita survei menyatakan tidak tahu atau tidak jawab," kata Burhan, saat menyampaikan pemaparan survei bertajuk Peta Elektoral Di Akhir Masa Kampanye, Satu Atau Dua Putaran, di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Baca juga : Muzani Yakin Prabowo-Gibran Menang Di Kandang Banteng

Burhan mengatakan, dengan hasil tersebut potensi pilpres akan berlangsung satu putaran meningkat untuk pasangan Prabowo-Gibran.

"Kalau sebelumnya peluang pilpres satu putaran mungkin fifty-fifty, sekarang bisa dikatakan peluang satu putaran meningkat lagi," kata Burhan.

Meski begitu, Burhan. Mengatakan peluang untuk pilpres dua putaran masih terbuka. Meski kata dia, peluang itu menipis seiring dengan peningkatan elektabilitas Prabowo.

Baca juga : Prabowo-Gibran Experience Deklarasi Pilpres Sekali Putaran

"Kalau terjadi dua putaran, Anies-Muhaimin masuk putaran kedua lebih besar. Meski selisihnya dengan Ganjar-Mahfud masih dalam batas margin of error," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.