Dark/Light Mode

Pilpres Berpeluang Sekali Putaran

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 51 Persen

Sabtu, 10 Februari 2024 20:58 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di akhir masa kampanye Pilpres 2024, Sabtu (10/2/2024).

Hasil survei melalui simulasi surat suara pasangan capres-cawapres menunjukkan bahwa elektabilitas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di angka lebih dari 50 persen.

Hal itu membuat peluang Pilpres 2024 berlangsung secara satu putaran sangat terbuka.

Pertanyaan pada simulasi itu yakni 'jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan berikut ini?'.

Baca juga : Relawan GSP Empat Lawang Woro-Woro Temui Warga

Hasil dalam simulasi itu menunjukkan bahwa paslon Prabowo-Gibran berada di angka 51,9 persen. Sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,3 persen.

Kemudian, Ganjar Pranowo-Mahfud MD ada di angka 20,3 persen. Sementara itu, responden yang belum memberikan jawaban sebanyak 4,4 persen.

"Pertanyaan tadi, satu atau dua putaran kalau angka ini memang terjadi pada hari-H bahwa kemungkinan besar bakal satu putaran," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Di sisi lain, LSI juga melakukan survei dengan simulasi tertutup tiga nama capres.

Baca juga : Agus Gumiwang: Kemenangan Prabowo-Gibran Harus Dipersiapkan Dengan Baik

Pertanyaan pada simulasi itu yakni 'jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai Presiden dan di nama-nama berikut ini?'.

Pada simulasi tertutup tiga nama tanpa cawapres, Prabowo Subianto kembali berada di posisi teratas dengan angka 50,0 persen.

Di posisi kedua ada Anies Baswedan dengan 22,7 persen dan posisi terendah 19,6 persen yang ditempati Ganjar Pranowo.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan kuesioner pada 1.220 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan pada tanggal 29 Januari-5 Februari 2024 dengan margin of error +- 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,4 Persen, Peluang Pilpres Satu Putaran

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara yang sudah terlatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.