Dark/Light Mode

Cek TPS Pemilu, Kapolri Pastikan Pemungutan Suara Aman Terkendali

Rabu, 14 Februari 2024 15:50 WIB
Foto: Divhumas Polri
Foto: Divhumas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Tanah Air berlangsung aman dan terkendali.

Hal itu dipastikan Kapolri setelah mengecek beberapa TPS bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

“Sampai saat ini semua aman terkendali dan tentunya kita akan terus mengikuti sampai dengan rangkaian pencoblosan selesai, penghitungan,” ujar Sigit, di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Korps Bhayangkara juga mengantisipasi dampak-dampak yang terjadi usai pemungutan suara, demi menjaga stabilitas kamtibmas.

Baca juga : Jokowi Pastikan Stok Beras Aman Di Gudang Bulog

Sigit mengatakan, pihaknya melihat adanya potensi gangguan kamtibmas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, Polri dan jajaran TNI hadir di tengah masyarakat untuk memastikan agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

“Kita pastikan kesiapan personel dan tentunya kami di-back up Bapak Panglima," imbuhnya.

Total pasukan yang mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 sebanyak 260 ribu personel TNI-Polri. Personel disebar di TPS-TPS dan ada juga yang bersiaga di pusat komando.

Baca juga : Wapres Harap Pemilu Hasilkan Pemimpin Yang Merangkul Semua

"Jadi kita memastikan bahwa personel memahami tahapan-tahapan penggunaan kekuatan yang harus dilakukan pada saat menghadapi potensi gangguan," tuturnya.

Sementara itu Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto menambahkan, pihaknya mengerahkan 90 ribu prajurit Bantuan kendali operasi (BKO) di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu Polri dalam mengamankan proses pemungutan suara hingga penghitungan.

"Kami sudah melakukan BKO 90 ribu prajurit di seluruh wilayah Indonesia, di Jakarta 10 ribu ada yang pengamanan ke TPA dan stand by di pos," kata Agus.

Mantan KSAD itu juga menyatakan, situasi pemungutan suara berjalan aman, meskipun ada beberapa daerah yang terkendala karena cuaca, seperti di Demak dan wilayah yang terkena bencana.

Baca juga : Penting! Ini 9 Imbauan Komnas HAM Jelang Hari Pemungutan Suara Besok Di TPS

"Nanti akan dilaksanakan pencoblosan susulan, begitu juga di wilayah Tangerang juga akan dilakukan relokasi. Semoga pencoblosan pada hari ini lancar aman tentunya didukung masyarakat," harap Agus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.