Dark/Light Mode

Suara Golkar Naik Di Jawa Barat

Ada Faktor Ridwan Kamil?

Sabtu, 17 Februari 2024 07:20 WIB
Foto udara kampanye akbar Partai Golkar di area Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/2/2024). (Foto: Antara)
Foto udara kampanye akbar Partai Golkar di area Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/2/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perolehan suara Partai Golkar di Provinsi Jawa Barat (Jabar), diperkirakan terus naik, seiring masuknya hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain soliditas dan kerja keras kader Partai Beringin, sosok Ridwan Kamil ditengarai sebagai salah satu penyebab peningkatan suara partai.

Berdasarkan hasil hitung suara dalam web pemilu2024.kpu.go.id, Jumat (16/2/2024), perolehan suara Partai Golkar untuk Pemilu Legislatif (Pileg) tingkat DPRmencapai 15.45 persen, dari data 48.300 TPS. Raihan ini mengalahkan Partai Gerindra (14.8 persen) dan PKS(12.59 persen).

Naiknya suara Partai Golkar di tingkat nasional, juga berbanding lurus dengan perolehan suara mereka di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar. Situs KPU menyebut, suara Partai Golkar mencapai 13.47 persen atau hanya kalah dari Partai Gerindra yang men­capai 15.63 persen.

Baca juga : Industri Manufaktur Kita Dan Berdaya Saing Mendunia

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Firman Manan mengatakan, tingginya raihan suara Partai Golkar di Provinsi Jabar, didasarkan pada tiga variabel. Pertama, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto solid hingga akar rumput.

“Biasanya, Golkar itu ada konflik (internal), tapi kali ini solid di bawah pimpinan Airlangga Hartarto. Kondisi ini membuat mesin partai dapat bergerak secara leluasa dalam mencapai target yang dicanangkan,” ujar Firman, di Bandung, Jabar, Jumat (16/2/2024).

Kedua, lanjut dia, Partai Golkar sukses meramu komposisi calon anggota legislatif (caleg), yang diterjunkan di semua daerah pemilihan (dapil) di Provinsi Jabar. Mereka juga tak sekadar mengandalkan calon yang mem­punyai modal popularitas di tengah masyarakat.

Baca juga : Waspada... Anak Muda Jadi Target Pinjol Ilegal

“Caleg-caleg yang maju di Partai Golkar, banyak orang-orang populer. Tapi, kekuatan mereka bukan sebatas itu. Partai Golkar sukses memilah dan me­nempatkan calon, sesuai basis massa yang ada di masing-masing dapilnya,” ucapnya.

Selain soliditas dan komposisi caleg, sambung Firman, mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga memiliki andil besar dalam membawa “penyegaran” di internal Partai Golkar Provinsi Jabar. Selain pernah memimpin Jabar selama lima tahun, Ridwan Kamil juga sangat populer di tengah masyarakat Jabar.

“Ridwan Kamil memiliki puluhan juta pengikut di media sosialnya, dan menjadi figur media darling. Dia menjadi salah satu aktor penting, bahkan ikut berperan dalam menggera­kan mesin partai dan menjaga soliditas seluruh kader, hingga bergerak efektif sampai tingkat akar rumput,” tuturnya.

Baca juga : Putin Lebih Sreg Biden Jadi Presiden Amerika

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan, pihaknya menargekatkan menjadikan Provinsi Jabar seba­gai lumbung suara Partai Golkar. Bahkan, dia beberapa kali turun gunung, untuk memberi semangat kepada seluruh kader saat masa kampanye Pileg 2024.

“Kita akan menempati tem­pat terhormat sebagai partai papan atas yang menentukan masa depan Indonesia. Dengan semangat Bandung Mari Bung rebut kembali,” tutur Airlangga di Eldorado Dome, Lembang, Bandung, Jumat (9/2/2024).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 17/2/2024 dengan judul Suara Golkar Naik Di Jawa Barat, Ada Faktor Ridwan Kamil?      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.