Dark/Light Mode

Lolos Ke Semifinal BATC 2024, Garuda Pertiwi Sikat Malaysia

Sabtu, 17 Februari 2024 06:30 WIB
Putri Kusuma Wardani. (Foto: PBSI)
Putri Kusuma Wardani. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Putri Indonesia lolos ke semifinal di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2024. Tim putri sukses mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 3-0.

Kemenangan skuad Merah Putih didapat melalui Putri Kusuma Wardani yang menak­lukkan Karupathevan Letshanaa. Lalu ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang mengalahkan Pearly Tan/Muralitharan Thinaah. Tiket semifinal kemudian dikunci lewat kemenangan Ester Nurumi usai menang atas Ling Ching Wong.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PP PBSI) Rionny Mainaky menye­but, semua pemain harus siap menghadapi siapa pun lawan di babak semifinal nanti. Pemain harus berani bertarung, dan bernyali di lapangan.

Rionny memastikan, pemain yang tampil di semifinal adalah mereka yang paling siap dan te­lah tampil maksimal. “Indonesia pasti akan menurunkan kekuatan terbaik,” kata Rionny, dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Kejagung Jerat Dua Eks Direksi PT Timah

“Terima kasih untuk per­juangan para pemain yang su­dah berjuang habis-habisan. Selamat atas kemenangannya dan Indonesia bisa maju ke semifinal,” ujar Rionny.

Rionny berpesan agar para pe­main menjaga kualitas istirahat. Lebih mempersiapkan mental sebelum bertanding. Karena akan bertemu lawan yang lebih berat.

Rionny juga berpesan supaya para pemain rajin menonton video rekaman pertandingan lawan. Agar bisa menerapkan strategi dan pola permainan yang diinstruksikan tim.

“Agar polanya bisa berjalan, sa­ya meminta pemain rajin menon­ton video rekaman pertandingan lawan,” kata Rionny.

Baca juga : Komentari Hasil Pilpres, Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil KPU

Sebelumnya, dari laga perem­patfinal yang berlangsung dj Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, kemarin, Putri menang dalam laga rubber game melawan Karupathevan. Putri menang dengan skor 21-12, 18-21, dan 21-13.

“Dengan bermain tenang saya bisa bermain lebih baik dan menjalani permainan lebih termotivasi,” kata Putri usai tampil.

Di partai ke-2, Lanny/Ribka yang mengalahkan Pearly/ Muralitharan juga dalam laga tiga gim. Lanny/Ribka menang dengan skor 21-14, 18-21, dan 21-15. “Kami bisa menerapkan pola yang diinginkan. Main pendek dan no lob, dan tidak meladeni permainan panjang-panjang lawan,” jelas Ribka.

Kelolosan Indonesia dipasti­kan melalui Ester. Pebulutangkis muda itu mengalahkan Ling da­lam drama rubber game 14-21, 21-15, dan 21-16.

Baca juga : Hasto Mulai Bicara 10 Tahun Oposisi

Usai pertandingan, Ester men­gaku siap dimainkan. Dia hanya harus lebih percaya diri agar tidak tegang. “Kalau bisa ten­ang permainan saya bisa keluar semua,” kata Ester.

Di babak semifinal, Indonesia ditantang Thailand yang pada babak perempat final menakluk­kan Taiwan dengan kemenan­gan 3-1. Pertandingan antara Indonesia melawan Thailand akan berlangsung hari ini.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 17 Februari 2024 dengan judul Lolos Ke Semifinal BATC 2024, Garuda Pertiwi Sikat Malaysia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.