Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Dan Golkar Unggul Di Jabar, Pengamat Sebut Ada Faktor Kang Emil

Sabtu, 17 Februari 2024 13:18 WIB
Ketua DPP Partai Golkar Ridwan Kamil dan istrinya Atalia. (Instagram/@ridwankamil)
Ketua DPP Partai Golkar Ridwan Kamil dan istrinya Atalia. (Instagram/@ridwankamil)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil real count KPU menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran menang telak di Jawa Barat. Sementara untuk Pileg, Partai Golkar berhasil menjadi jawara. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menilai keberhasilan Golkar di Jawa Barat tak lepas dari sosok eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. 

Agung mengatakan, suara Golkar mengalami lonjakan luar biasa. Di tingkat nasional, Beringin kini berada di posisi kedua menggeser Partai Gerindra. Lonjakan suara Golkar ini dianggap luar biasa pasalnya Beringin tidak punya figur capres. 

Baca juga : RK Happy, Golkar Dan Prabowo-Gibran Unggul Di Jabar, Atalia Alamat Lolos DPR

Kata Agung, jika tidak ada perubahan dalam hasil akhir hitung cepat, Golkar kemungkinan menjadi partai politik kedua yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 2024. Sementara di Jawa Barat, Golkar tampaknya akan menjadi partai pemenang. 

Menurut Agung, keberhasilan ini dikarenakan sosok Airlangga Hartarto yang saat ini menjabat sebagai ketua umum partai sekaligus menteri. Selain itu, ada faktor lain yang mendongkrak suara Golkar di antaranya kader-kadernya yang juga punya magnet kuat bagi pemilih, terutama dari Generasi Milenial dan Gen Z.

Baca juga : Ada Faktor Ridwan Kamil?

“Di Jawa Barat itu ada istrinya Ridwan Kamil, Atalia Praratya atau Ibu Cinta. Itu luar biasa bisa mendongkrak suara di Jawa Barat yang selama ini dikenal menjadi basisnya PKS dan Gerindra,” kata Agung, dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/2/2024). 

Agung menilai, perolehan suara Atalia juga tak lepas dari pengaruh Kang Emil. Agung menilai Kang Emil punya pengaruh di kalangan anak muda, salah satu indikatornya adalah jumlah pengikut Kang Emil di media sosial. Dia menyebut popularitas Kang Emil berdampak positif kepada perolehan suara Golkar.

Baca juga : Prabowo Unggul di Pilpres, PM Singapura Ucapkan Selamat dan Bahas Hubungan Bilateral

“Pengikutnya Kang Emil itu enggak mau yang berat-berat konten politiknya, maunya yang santuy. Seperti Kang Emil, menghibur tetapi ada isinya,” kata Agung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.