Dark/Light Mode

Suara Di Semarang Melejit, Real Count Nasional PSI Naik Ke Atas 3 Persen

Sabtu, 2 Maret 2024 14:54 WIB
Ketua DPD PSI Semarang, Melly Pangestu. (Foto: Ist)
Ketua DPD PSI Semarang, Melly Pangestu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara real count KPU terus mengalami peningkatan, bahkan kini sudah ada di atas 3 persen. Hal tersebut terjadi lantaran perolehan suara di daerah meningkat, salah satunya di Semarang, Jawa Tengah.

Ketua DPD PSI Semarang, Melly Pangestu mengatakan, terjadi peningkatan perolehan kursi di DPRD. Di mana pada tahun 2019, PSI hanya bisa mendapatkan dua kursi DPRD.

“2024 belum final perhitungan. Masih tingkat kota. Tapi bisa dipastikan PSI dapat 5 kursi untuk DPRD di 2024,” katanya saat dihubungi, Sabtu (2/3/2024).

Baca juga : Harga Pangan Melejit, Inflasi Jakarta Februari 2024 Naik 0,45 Persen

Dia mengungkapkan, peningkatan perolehan kursi DPRD ini karena kerja keras para calon legislatif selama masa kampanye. Kemudian, peran penting Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep juga memberikan efek besar.

“Dua faktor, Kaesang dan Jokowi effect serta perjuangan all caleg secara merata,” tutup Melly.

Peningkatan perolehan kursi DPRD juga terjadi di Maluku. Peningkatan terjadi sebesar 10 kali lipat dibanding 2019. Karena Pemilu 2024, PSI diperkirakan akan mendapatkan 10 kursi, sementara di pemilu 2019 hanya 1 kursi.

Baca juga : Kaesang Efek, Perolehan Kursi PSI Naik 400 Persen Di NTT

Ketua DPW PSI Maluku, Ronald Kneefel mengatakan, peningkatan ini salah satunya karena pengalaman bertarung di pemilu  2019. Sehingga membuat struktur di internal partai jauh lebih solid dibanding sebelumnya.

Namun, dia mengungkapkan, pengaruh terbesar datang dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Karena karakter dari putra bungsu Presiden Joko Widodo dinilai membuat masyarakat Maluku terpukau.

“Mas Kaesang adalah sosok anak muda yang memberikan teladan dengan sikap santun dan kesederhaannya yang khas. Karakter pemimpin seperti  inilah yang membuat rakyat maluku makin makin terpukau dan menyukai PSI,” katanya.

Baca juga : Pemkot Tangerang Gelar Relaksasi Pajak Sampai 40 Persen

Ronald menjelaskan, perolehan kursi DPRD di Maluku mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat. Karena pada 2019, PSI hanya memperoleh 1 kursi DPRD di Kabupaten Maluku Tengah. Sementara saat ini tersebar di beberapa kota dan kabupaten.

“2019 PSI Maluku hanya memperoleh 1 kursi yaitu di Kabupaten Maluku Tengah. 2024 perolehan kita meningkat 1000%,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.