Dark/Light Mode

Real Count KPU Di NTT: Demokrat Dan PDIP Bersaing Ketat, PSI Tembus 5,61 Persen

Jumat, 16 Februari 2024 06:41 WIB
Ilustrasi PSI. (Foto: Ist)
Ilustrasi PSI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berdasarkan rekapitulasi hasil pemungutan suara legislatif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melebihi ambang batas parlemen.

Perolehan suara PSI berdasar real count KPU RI per Kamis (15/2/2024) pukul 23.35 WIB mencapai 5,61 persen . Data yang telah terkumpul saat ini dari 3.035 TPS.

Adapun total jumlah TPS di NTT sebanyak 16.746 TPS. Dengan kata lain, sudah 18.12 persen persen dari seluruh TPS di NTT. Tabel pada situs pemilu2024.kpu.go.id menampilkan data real count perolehan suara masing-masing partai.

Baca juga : Real Count KPU: Prabowo-Gibran Unggul 56,51 Persen

Berikut ini 5 besar partai politik perolehan suara partai politik di NTT:

1. PDIP 12,89 persen
2. Demokrat 12,04 persen
3. Gerindra 10,74 persen
4. Golkar 10,19 persen
5. NasDem 7,86 persen

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie mengatakan, suara yang masuk ke KPU sejalan dengan hasil survei internal. Di mana survei tersebut menunjukkan PSI memeroleh 4,2 persen.

Baca juga : Juara 1 Pemilu, PDIP-Gerindra Bersaing Ketat

“Hasil perolehan suara di tingkat TPS mulai masuk, hasilnya menggembirakan sejalan dengan hasil survei internal PSI dan survei lembaga-lembaga kredibel seminggu menjelang pencoblosan, yang menyatakan bahwa PSI akan tembus ke senayan dengan perolehan suara 5-6 persen pada Pemilu 2024,” katanya di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Grace santai menanggapi hasil hitung cepat beberapa lembaga yang menunjukkan PSI masih di angka sekitar 3 persen. Namun, dia mengingatkan, dalam hitungan cepat selalu memiliki margin of error. 

"Hasil hitung cepat adalah metode yang juga dijadikan acuan oleh PSI untuk memantau pergerakan dan perolehan suara. Yang harus diketahui publik, hitung cepat memiliki margin error dan PSI masih dalam rentan margin error, apalagi di hitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4.2 persen jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan,” tegasnya.

Baca juga : Duh, Kemiskinan Wilayah Pantai Tembus 50 Persen

Grace menyatakan DPP PSI terus menginstruksikan caleg dan pengurusnya untuk terus mengawal suara di TPS hingga tingkat kecamatan. 5 hari pertama merupakan saat yang menentukan untuk memastikan langkah PSI ke Senayan. Apalagi data terakhir menunjukkan PSI sudah menjadi partai ketiga terbesar perolehan suaranya di DKI Jakarta.

"Perolehan suara di DKI Jakarta harusnnya juga berbanding lurus dengan perolehan suara PSI di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Perlu diketahui, pemilihan anggota legislatif DPRD DKI Jakarta terbagi dalam 10 daerah pemilihan (dapil). Perolehan suara PSI berdasar real count KPU RI per Kamis (15/2/2024) pukul 15.00 WIB menempati peringkat kedua, di saat progres data yang masuk ke KPU untuk wilayah DKI Jakarta masih sedikit, yakni dari 208 TPS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.