Dark/Light Mode

OJK Targetkan Kredit Perbankan Tahun Ini Naik 9 Persen

Selasa, 20 Februari 2024 15:27 WIB
Pertemuan tahunan OJK. (Foto: YouTube OJK)
Pertemuan tahunan OJK. (Foto: YouTube OJK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan kredit perbankan pada 2024 tumbuh sebesar 9-11 persen. Hal ini didukung pertumbuhan dana pihak ketiga 6-8 persen.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024 di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Baca juga : Lender Teriak Kredit Macet, OJK Pantau Dan Awasi Investree

Mahendra mengatakan, kredit perbankan diproyeksikan berlanjut tumbuh pada tahun ini setelah pada tahun lalu kredit perbankan tumbuh 10,38 persen year on year (yoy), sehingga mendukung pertumbuhan perekonomian. Dengan mencermati berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi serta kebijakan yang diambil, pihaknya optimistis tren positif kinerja sektor keuangan di tahun ini akan berlanjut.

Di pasar modal, kata dia, penghimpunan dana pada 2024 ditargetkan Rp 200 triliun. Piutang pembiayaan perusahaan pembiayaan diproyeksikan tumbuh 10-12 persen sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat.

Baca juga : Digital ID Tingkatkan Layanan Untuk Publik

Sementara, lanjut Mahendra, aset asuransi diperkirakan tumbuh 4-6 persen di tengah program reformasi yang dilakukan OJK. Kemudian, aset dana pensiun diperkirakan tumbuh 10-12 persen dan aset penjaminan tumbuh 9-11 persen.

Menurut dia, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan kerja sama koordinasi dan sinergi dengan pemerintah, otoritas moneter, industri jasa keuangan, para pelaku usaha masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.