Dark/Light Mode

Hadiri Nikahan Warga, Anies Rawat Loyalis DKI

Senin, 4 Maret 2024 08:36 WIB
Capres 01 Anies Baswedan menghadiri nikahan warga di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu (3/3). (Foto: Istimewa)
Capres 01 Anies Baswedan menghadiri nikahan warga di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu (3/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres 01 Anies Baswedan masih belum menjawab tegas soal peluangnya kembali maju di Pilgub DKI Jakarta. Kendati demikian, Anies terlihat berupaya terus merawat loyalisnya di Jakarta. Salah satunya, hadiri nikahan warga Jakarta.

Belakangan ini, Anies mulai rajin melakukan napak tilas di Jakarta. Anies mendatangi tempat-tempat yang menjadi kebanggaannya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Jumat (1/3/2024), Anies berkunjung ke wilayah Jakarta utara.  Saat itu, ia mengajak Muhaimin Iskandar menunaikan Salat Jumat di Masjid Nurul Huda, Sunter Agung.

Alasan Anies memilih masjid tersebut karena letaknya sangat dekat dengan Jakarta International Stadium (JIS), stadion yang dibangun Anies saat menjadi gubernur. Ihwal tujuannya ke sana untuk mengucapkan terima kasih kepada warga kampung sekitar.

Setelah dari JIS, Anies bergeser ke Kampung Akuarium pada Minggu (3/3/2024). Kedatangan Anies ke Kampung Akuarium untuk memenuhi undangan nikah warga setempat.

Mengenakan batik lengan panjang berwarna biru, kedatangan Anies dielu-elukan warga. Tangannya sibuk menyalami, dan tidak sedikit warga yang mengajaknya berswafoto.

Baca juga : Koboy-koboy Senayan Banyak yang Tumbang

"Saya senang sekali bisa kembali ke Kampung Akuarium menghadiri pernikahan yang resepsinya pertama kali diselenggarakan di gedung serbaguna di Kampung Akuarium ini," ungkapnya, Minggu (3/3/2024).

Anies mengaku diundang ketua RT setempat. Bahkan, saat mendapat undangan tersebut, dirinya berjanji untuk menghadiri resepsi pernikahan tersebut.

Selain berlabel Capres nomor urut 1, Anies merupakan mantan gubernur DKI Jakarta. Sehingga, ketika berada di resepsi pernikahan ia tetap berbicara soal pembangunan.

Anies berharap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mampu menyelesaikan Kampung Akuarium secara utuh. Tujuannya, agar warga yang belum bisa menempati tempat itu bisa lebih cepat masuk ke Kampung Akuarium.

"Senang sekali bangunan ini setiap hari semakin mendekati penuntasan. Mudah-mudahan segera tuntas biar warga yang sekarang belum masuk segera masuk. Baru sebagian nih yang selesai, mudah-mudahan dipercepat oleh Pemprov DKI," tuturnya.

Sebab, sudah merupakan tugas negara untuk melindungi semua warganya. Sekaligus menciptakan perasaan aman, nyaman, dan tenang bagi rakyat. Terutama bagi rakyat kecil.

Baca juga : Turun Sedikit, Harga Beras Belum Stabil

"Kampung Akuarium ini adalah salah satu contoh masyarakat yang merasakan tindakan brutal dari negara, kemudian direhabilitasi, dibangunkan tempat tinggalnya. Ini menjadi hari bersejarah karena pertama kalinya melaksanakan resepsi pernikahan di sini," kata Anies.

Untuk diketahui. Selain JIS, Kampung Akuarium merupakan mahakarya lain yang dibangun Anies dalam 5 tahun memimpin Jakarta. Di lokasi tersebut, Anies membangun rumah susun bagi warga yang jadi korban penggusuran di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama.

Apa makna dari kegiatan Anies di Jakarta? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai Anies tengah merawat loyalisnya di DKI. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk agenda Anies ke depan.

"Mengingat, ia masih cukup berpeluang menghadapi kontestasi di luar Pilpres, yakni Pilgub DKI Jakarta. Bahkan Pilpres 2029," ungkap Dedi saat dihubungi, Minggu (3/3/2024), malam.

Kata Dedi, langkah Anies saat ini menentukan masa depannya. Jika tidak menjabat sebagai gubernur periode keduanya, harapan untuk maju di Pilpres 2029 akan terpendam.

Sebagai catatan. Pilgub DKI Jakarta akan berlangsung November 2024. Nama-nama seperti Ridwan Kamil, Ahmad Sahroni, dan Riza Patria digadang-gadang akan bertarung. Termasuk Anies.

Baca juga : Beras Naik, Petani Rugi

Menurut Dedi, secara umum, Anies masih diunggulkan. Adapun partai pengusungnya diprediksi sama seperti Pilpres, utamanya partai yang saat ini dinakhodai Ahmad Syaikhu.

"Meskipun PKS miliki tokoh seperti Mardani Ali Sera, tetapi dari sisi popularitas dan elektabilitas tetap akan jauh tertinggal dibanding Anies," pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (4/3), dengan judul “Hadiri Nikahan Warga, Anies Rawat Loyalis DKI”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.