Dark/Light Mode

Kawalpemilu.org: Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres

Rabu, 13 Maret 2024 14:26 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto : Ist)
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs kawalpemilu.org, situs yang mengawal proses penghitungan suara Pilpres 2024 memastikan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangi Pilpres 2024 dengan keunggulan 58,44%.

Data ini diperoleh dari unggahan foto C.Hasil-PPWP atau C.Hasil Salinan-PPWP yang bisa diakses khalayak masyarakat selama masa Pemilu.

Baca juga : Pengamat: Pemerintahan Prabowo-Gibran Akan Jadi Kabinet Lanjutan Jokowi

"KawalPemilu memastikan telah menyelesaikan semua TPS yang ada C, hasilnya sebesar cakupan 82.27% atau 677.413 TPS dari 823.366," tulis keterangan KawalPemilu.org seperti dilihat pada akun X resminya, @KawalPemilu_org yang dilihat Rabu, (13/3). 

Dikutip dari situs resminya, Kawalpemilu.org menjelaskan, Paslon 2 meraih 78.780.058 dengan 58,44 persen. Disusul Paslon 1 dengan 33.763.751 dengan 25,05 Persen dan Paslon 3, 22,254,961 dengan presentasi 16,51 persen.

Baca juga : Survei Indikator: 71,8 Persen Publik Percaya Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Lebih lanjut KawalPemilu menjelaskan dengan hasil penghitungan suara real count ini, KawalPemilu 2024 masih tersisa 17.3% cakupan TPS.Namun secara data, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara.

"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada Paslon 02, @prabowo dan @gibran_tweet telah memenangkan Pilpres satu putaran saja dengan kira-kira 58% suara (hasil real count 82% foto TPS di kawalpemilu.org). Selamat menyambut hilal Ramadhan dan menunaikan ibadah di bulan suci ini," tulis penggagas situs KawalPemilu.org @ainunnajib yang adalah seorang praktisi teknologi informasi asal Gresik, Jawa Timur yang berdomisili di Singapura. 

Baca juga : Survei Indikator: Prabowo-Gibran Banyak Dipilih Perempuan dan Non Muslim

KawalPemilu pun meminta para pendukung paslon 1 dan 3 tetap menerima hasil ini walaupun mengecewakan. Selama ini, pihaknya sudah melakukan rekapitulasi dan 30% cakupan TPS ini, di mana ada foto warga dan SIREKAP, dan tidak menemukan indikasi kecurangan pasca pencoblosan Pilpres yang terstruktur dan sistematis sehingga menguntungkan salah satu paslon.

"Kami ingin angkat topi dan apresiasi seluruh masyarakat yang telah mengirim foto langsung dari TPS. Jumlahnya naik dari <20% di tahun 2019 menjadi 32.9% di tahun. Inilah semangat gotong royong & partisipasi politik yang patut diacungkan jempol."

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.