Dark/Light Mode

Dijagokan Di Pilgub DKI Dan Jateng

Gibran Pinter Jawabnya

Minggu, 9 Januari 2022 07:45 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Pemkot Solo)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Pemkot Solo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak memutuskan terjun ke politik dan terpilih menjadi Wali Kota Solo, popularitas Gibran Rakabuming terus naik. Banyak politisi hingga lembaga survei menjagokan putra sulung Presiden Jokowi naik level ke Pilgub DKI atau Pilgub Jawa Tengah. Namun dirayu berulang kali, Gibran selalu mengelak dan pintar cari jawaban.

Beberapa Ketum Parpol sudah sejak lama mendorong Gibran untuk mengikuti jejak karir Presiden Jokowi, maju ke level nasional. Gibran dirayu nyebrang dan bertarung di Pilkada DKI pada 2024 mendatang.

Terbaru, yakni komentar yang disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Selain Tri Rismaharini, Haso menyebut sosok Gibran sebagai salah satu kandidat yang akan diusung PDIP untuk Pilkada DKI 2024.

Baca juga : Dirut PLN Pastikan Kelistrikan Saat Pergantian Tahun Aman

Ternyata, bukan hanya di Pilkada DKI, nama Gibran harum. Untuk Pilgub Jawa Tengah, peluang Gibran menggantikan Ganjar Pranowo juga terbuka lebar. Dalam survei terbaru yang dirilis Charta Politika, elektabilitas Gibran jauh mengungguli tokoh-tokoh lain yang selama ini diunggulkan untuk maju di Pilgub Jateng.

Dalam survei tersebut, elektabilitas bapak dari Jan Ethes itu di Pilgub Jateng mencapai 34,8 persen. Angka ini jauh dibandingkan elektabilitas yang diperoleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen yang hanya mendapat 9,3 persen. Di bawahnya lagi, ada nama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang hanya mendapat 6,9 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memprediksi Pilkada Jawa Tengah bisa menjadi isu nasional jika mengacu pada survei terbaru yang mengunggulkan Gibran. “Akan beda ceritanya kalau disurvei Pilkada DKI. Isu politik dinasti potensi jadi beban,” katanya melalui akun Twitter.

Baca juga : Dirjen Iwan Monitoring Dan Evaluasi Program Perumahan

Apa tanggapan Gibran? Seperti sebelum-sebelumnya, Gibran selalu pintar mencari jawaban. Politisi PDIP itu mengaku tidak memikirkan survei yang mengunggulkan dirinya di Pilgub DKI atau Pilgub Jateng.

“Saya fokus kerjaan di Solo dahulu. Tadi lho baru groundbreaking (peletakan batu pertama pembangunan rel layang Simpang Joglo). Fokus nyambut gawe dahulu. Fokus kerjaan di Solo,” jawab Gibran di Solo, kemarin.

Eks Bos Markobar itu mengaku, hingga saat ini belum melihat hasil survei tersebut. Fokusnya saat ini soal penanganan pandemi di Solo, dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Menteri (Juga) Manusia

Bukan hanya itu, Gibran juga enggan menanggapi ketertarikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ingin meminangnya pada Pilgub DKI Jakarta 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.