Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei Pilkada DKI Jakarta

Gibran Semakin Moncer

Selasa, 14 Juni 2022 07:45 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku belum mengetahui hasil survei teranyar dirinya, terkait gelaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun mengaku sedang fokus bekerja sebagai wali kota dan membangun Solo.

“Aku rung moco beritane (saya belum baca beritanya). Wong lagi wae tekan (Solo). Tak baca beritanya dulu,” kata Gibran kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Ia pun tak mau berkomentar panjang saat ditanya tentang posisinya dalam survei tersebut. Alasannya, dia masih ingin fokus di Solo. “Fokus di Solo dulu ya,” tandasnya.

Berita Terkait : Wuling Pamerkan Produk Unggulannya Di Jakarta Fair

Sebelumnya, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menguji 10 nama yang dinilai layak menjadi pengganti Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta mendatang. Survei ahli yang melibatkan 170 responden ahli dari berbagai kalangan profesi ini, meminta mereka memberikan penilaian terhadap 10 orang politikus yang dianggap layak maju sebagai DKI Satu.

Survei ini juga digelar, untuk mencari pemimpin Jakarta pasca kota tersebut tak lagi menyandang status Ibu Kota Negara. Sampel penelitian ini adalah kelompok ahli yang dipandang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam memprediksi dan menganalisa isu sosial, politik, dan ekonomi.

Kategori sampelnya adalah para peneliti, dosen, profesional, anggota DPR/DPRD hingga birokrat. Survei ini dilakukan pada 29 Maret-12 April 2022 dengan cara wawancara tatap muka dan virtual.

Berita Terkait : Wagub DKI Optimis Jakarta Fair Kerek Ekonomi Ibu Kota

Dari daftar skor yang dirilis CSIS, Senin (6/6/2022), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat skor tertinggi sebesar 7,11. Ia disusul Menteri BUMN Erick Thohir yang memperoleh skor 6,99, kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan skor 6,78.

Selain Ridwan Kamil, Erick dan Risma, survei ahli ini juga memasukkan nama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Wagub Jawa Timur Emil Dardak, Wali Kota Semarang Hendar Prihadi, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Raihan Gibran cukup mengejutkan, karena para ahli yang disurvei, memberinya skor lebih tinggi dibanding Ahmad Riza Patria yang kini menjabat Wagub DKI Jakarta, dan Ahmad Sahroni, ketua panitia pelaksana Formula E. ■