Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hasil Survei ARCI Di Pilkada Jatim

Dua Kepala Daerah PDIP Bisa Rebut Kursi Khofifah

Rabu, 27 Juli 2022 07:45 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi berpotensi besar maju pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Timur 2024. Bahkan, kedua kepada daerah itu punya kekuatan cukup besar menantang Gubernur Jawa Timur petahana, Khofifah Indar Parawansa.

Demikian diungkap Pengamat politik dari Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siraijt.

Menurutnya, berdasar hasil survei ARCI pada 25 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022 di 38 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur (Jatim), dua kadermuda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Eri Cahyadi dan Achmad Fauzi, memiliki potensi untuk maju dalam Pilkada Jatim 2024.

Berita Terkait : Mendagri Minta Kepala Daerah Buat Kebijakan Pro UMKM

“Dari hasil survei dan penelitian kami, Pak Eri dan Pak Fauzi memiliki potensi naik level ke provinsi atau menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jatim. Sekarang, tinggal bagaimana mereka memanfaatkan peluang ini,” ujar Baihaki kepada wartawan di Surabaya, Jatim, kemarin.

Lebih lanjut, ia menguraikan, kedua kepala daerah itu memiliki sejumlah faktor yang menunjang untuk mendapat dukungan masyarakat Jatim. Di antaranya, jelas dia, mereka memiliki tingkat popolaritas atau dikenal luas oleh masyarakat Jatim, serta memiliki kinerja cemerlang sejak menjadi orang nomor satu di Pemkot Surabaya maupun Pemkab Sumenep.

“Catatan hasil survei ARCI, pada simulasi tokoh muda yang dicalonkan sebagai gubernur atau wakil gubernur, keduanya muncul dalam lima besar. Bahkan, mereka bersanding dengan Emil Elestianto Dardak. Tingkat elektabilitas Eri Cahyadi mencapai 4,25 persen, Achmad Fauzi 2,08 persen, sementara Emil Elestianto Dardak 14,6 persen,” jelas dia.

Berita Terkait : Wah, Bisa Rame Nih...

Baihaki menambahkan, survei ARCI dilakukan pada 25 Juni 2022 hingga 10 Juli 2022 di 38 Kabupaten/Kota se-Jatim, dengan jumlah responden proporsional. Survei tersebut, lanjut dia, menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang, margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Tingkat kepuasan masyarakat Sumenep terhadap kinerja Achmad Fauzi juga cukup tinggi. Bahkan, ia dianggap sukses membawa perubahan positif bagi warga, salah satunya di sektor pariwisata. Di luar Surabaya, nama Eri Cahyadi juga cukup kuat, dan dianggap sukses dalam melakukan pembangunan,” urai dia.

Selain itu, sambung dia, elektabililitas kedua politisi muda PDIP juga terdongkrang oleh sejumlah faktor. “Mereka sama-sama muda, memiliki kepribadian rendah hati, suka berbaur, dan turun langsung menyapa warganya,” tandasnya. ■