Dark/Light Mode

Jelang Ramadan Dan Idul Fitri

Airlangga Minta Kepala Daerah Jaga Situasi Covid Tetap Kondusif

Selasa, 29 Maret 2022 11:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta, Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) meningkatkan kewaspadaan supaya penularan Covid-19 tetap terkendali.

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus mengenjot cakupan vaksinasi dosis lengkap dan booster, terutama untuk lansia. Selain itu, perlu juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa vaksinasi selama Ramadhan tidak membatalkan puasa, sesuai dengan Fatwa MUI.

Baca juga : Jelang Ramadan, Vaksinasi Yang Digelar Binda Kepri Diserbu Ribuan Masyarakat

"Penting juga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah. Terutama ibadah shalat tarawih, tadarus dan ahalat Idul Fitri," pesan Menteri Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3).

Menteri Airlangga menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pemerintah membolehkan warga melakukan mudik Lebaran. Ada syarat yang harus dipenuhi, yakni pemudik harus sudah melakukan vaksin dosis kedua dan booster.

Baca juga : Pak Anies Tetap Wangi

Pemerintah Daerah juga diminta untuk membuat aturan pemeriksaan persyaratan vaksinasi booster atau antigen bagi pemudik. Khususnya Pemudik dengan kendaraan pribadi.

"Perlu dilakukan random check pada sejumlah titik pemeriksaan," tegasnya.

Baca juga : Basarah Minta Kepala Daerah Proaktif Cegah Radikalisme

Menteri Airlangga juga meminta Pemerintah Daerah untuk menyiapkan fasilitas kesehatan untuk antisipasi potensi kenaikan kasus pasca Ramadhan dan Idul Fitri. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.