Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Ramadan Dan Idul Fitri

Airlangga Minta Kepala Daerah Jaga Situasi Covid Tetap Kondusif

Selasa, 29 Maret 2022 11:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta, Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) meningkatkan kewaspadaan supaya penularan Covid-19 tetap terkendali.

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus mengenjot cakupan vaksinasi dosis lengkap dan booster, terutama untuk lansia. Selain itu, perlu juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa vaksinasi selama Ramadhan tidak membatalkan puasa, sesuai dengan Fatwa MUI.

Berita Terkait : Airlangga Pastikan Pemerintah Jaga Pasokan Pangan Selama Ramadan

"Penting juga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah. Terutama ibadah shalat tarawih, tadarus dan ahalat Idul Fitri," pesan Menteri Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3).

Menteri Airlangga menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pemerintah membolehkan warga melakukan mudik Lebaran. Ada syarat yang harus dipenuhi, yakni pemudik harus sudah melakukan vaksin dosis kedua dan booster.

Berita Terkait : Jelang Ramadan, Vaksinasi Yang Digelar Binda Kepri Diserbu Ribuan Masyarakat

Pemerintah Daerah juga diminta untuk membuat aturan pemeriksaan persyaratan vaksinasi booster atau antigen bagi pemudik. Khususnya Pemudik dengan kendaraan pribadi.

"Perlu dilakukan random check pada sejumlah titik pemeriksaan," tegasnya.

Berita Terkait : Jelang Ramadan, Kapolri Instruksikan Kapolda Cek Ketersediaan Migor Di Pasar Tiap Hari

Menteri Airlangga juga meminta Pemerintah Daerah untuk menyiapkan fasilitas kesehatan untuk antisipasi potensi kenaikan kasus pasca Ramadhan dan Idul Fitri. (MRA)