Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Pilkada DKI

Jagoan PDIP Masih Misteri

Selasa, 17 Januari 2023 07:45 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki siapa yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 masih misteri.

Meski sempat dikaitkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini alias Risma, mem­bantah pasang ancang-ancang untuk perebutan kursi DKI 1.

Risma mengatakan, dirinya belum mempunyai persiapan dan tidak terpikir untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. Bahkan, ia tak merancang apapun terkait karier politiknya di 2024.

“Persiapan apa? Saya itu ng­gak pernah siap-siap, buat jadi apa. Wong jadi menteri saja, saya nggak tau aku,” ujar Risma di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : PAN Kota Cilegon Cuma Usung Alawi Mahmud!

Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya tidak pernah melakukan pembicaraan khusus dengan par­tainya soal pencalonan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia pun enggan memberikan tanggapan terkait peluangnya untuk maju dan terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Ya, ndak tau nanti (tidak tahu nanti). Kita lihat lah,” tegas dia.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto me­nyebut, kader PDI Perjuangan banyak yang layak untuk ter­jun di Pilkada DKI, salah sa­tunya Risma. Menurut dia, kepemimpinan Risma selama men­jadi Wali Kota Surabaya, merupakan salah satu bukti bahwa dirinya punya potensi untuk menjadi gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nanti.

“Saya nggak melihat dari berapa banyak penghargaan yang diterima Bu Risma. Tapi, me­lihat perubahan kultural dalam mengubah Kota Surabaya,” ujar Hasto, Minggu (9/1).

Selain Risma, kader PDI Perjuangan yang kerap dikaitkan dengan Pilkada DKI adalah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Bahkan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu kerap mondar-mandir di Jakarta.

Berita Terkait : PDIP Masih Jadi Penentu Kemenangan Di Jateng

Gibran pun tak membantah perihal sering wara-wiri ke Jakarta. “Aku wira wiri (bolak balik) Jakarta terus kok. Masak nggak tahu,” ujarnya disela kegiatan Porseni NU di Pamedan Mangkunegaran, kemarin.

Namun, saat disinggung apakah kepergiannya ke Jakarta ada hubungannya dengan kepentingan partai, Gibran membantahnya. Demikian halnya soal Pilkada DKI 2024.

“Persiapan, nggak-nggak, ini bukan partai. Nggak ada hubungannya dengan partai. Ini sesuatu yang lebih besar,” pungkasnya.

Penasihat Fraksi PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi juga mengaku, belum mengetahui bakal calon gubernur yang diusung oleh partainya.

Berita Terkait : Pordasi DKI Targetkan Sapu Bersih Emas di PON 2024

Menurut dia, hal tersebut mer­upakan wewenang Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. “Wah nggak tahu. Tanya Ibu Ketua Umum,” cetusnya. ■