Dark/Light Mode

Peluang Kaesang Maju Pilkada Solo

FX Rudy: Kami Hanya Bertugas Memenangkan

Sabtu, 17 Juni 2023 07:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jumat (16/6/2023). (Foto: Antara)
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jumat (16/6/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo belum mau berkomentar banyak tentang peluang Kaesang Pangarep maju di Pilkada Kota Solo. Pasalnya, DPC hanya bertugas memenangkan sosok yang telah mendapat rekomendasi resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Di PDI Perjuangan itu, siapa pun yang direkomendasikan oleh Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri), hukumnya wajib dilaksanakan dan dimenangkan, titik!” tegas Rudy-sapaan FX Hadi Rudyatmo, usai menghadi­ri peringatan Hari Jadi Kota Solo Ke-77 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Saat didesak sejumlah wartawan soal peluang Kaesang maju di Pilkada Kota Solo dengan usungan PDI Perjuangan, dia mengatakan, putra Presiden Jokowi itu harus memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI Perjuangan terlebih dahulu. Sebab, dalam kancah Pilkada Kota Solo, PDI Perjuangan Kota Solo selalu menurunkan kader internal.

Baca juga : Gibran: Yang Merestui Bukan Saya, Tapi Warga

Rudy pun memberi wejangan kepada Kaesang, agar dirinya tidak terus-terusan menjomblo atau tidak berpartai. Sebab, gelaran Pilkada Serentak 2024 tinggal setahun lagi. “Saya sudah sampaikan ke Mas Wali juga Mas Kaesang, kalau mau maju ya segera saja. Kan November (pemilihannya),” ucap dia.

Dari sisi umur, sambung dia, Kaesang sudah cakap untuk terjunke politik. Tersebih, generasi X dan Z saat ini menginginkan adanya pemimpin muda yang memiliki visi dan misi ke depan, yang lebih maju dibanding generasi sebelumnya.

“Sekarang kan semua generasi X dan Z maunya yang muda-muda, yang punya visi ke depan lebih maju dibanding saya, Pak Purnomo (Achmad Purnomo). Kami sudah tua-tua. Jadi, gitu-gitu saja dan langkahnya pun nggak bisa cepat,” jelasnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Beri Bantuan Portal Untuk Keamanan Warga Di Muaro Jambi

Dalam waktu dekat, Rudy mengaku akan bertolak ke Kota Depok. Tapi, dirinya akan meng­kampanyekan calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Kota Belimbing itu.

Menurutnya, dia akan meng­kampanyekan Kaesang di Kota Depok bila sudah ada perintah partai dan Kaesang sudah ber-KTAPDI Perjuangan.

“Lha nek Mas Kaesang wis daftar, tak kampanyeke no (kalau Mas Kaesang sudah mendaftar tak kampanyekan),” pungkasnya.

Baca juga : Nggak Dukung Kaesang Maju Di Depok, Gibran: Dia Orangnya Nggak Jelas

Dalam kesempatan yang sama,Wali Kota Solo yang juga kakak dari Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, tidak mau berko­mentar banyak. Dia tak bisa mengintervensi sang adik untuk bergabung ke PDI Perjuangan.

“Ya, nanti saja lah. (Ke) Kaesang langsung saja. Nanti diurus Kaesang,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.