Dark/Light Mode

Kaesang Mau Maju Pilkada Depok 2024

Gibran: Yang Merestui Bukan Saya, Tapi Warga

Rabu, 14 Juni 2023 07:45 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak mempersoalkan langkah adiknya, Kaesang Pangarep, terjun ke Pilkada Kota Depok 2024. Namun, dia mengingatkan, restu yang paling ideal bagi Kaesang untuk maju di kontestasi Pilkada, berasal dari masyarakat Kota Depok.

Gibran mengatakan, secara pribadi dirinya tidak melarang Kaesang terjun ke dunia politik. Sebagai warga negara Indonesia, Kaesang mempunyai kesempatan yang sama dalam berpolitik.

Namun, Gibran mengingat­kan, Kaerang harus melihat respons masyarakat Kota Depok atas keputusannya itu.

Baca juga : PDIP Yakin Kaesang Akan Masuk Kandang Banteng

“Idealnya, yang merestui (sebetulnya) bukan saya, tapi warganya. Yang namanya restu itu kan dari warga setempat. (Kalau saya) terserah Kaesang, monggo,” ujar Gibran kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Sejauh ini, ungkap politisi PDI Perjuangan itu, belum ada pembahasan khusus antara dirinya dan sang adik terkait Pilkada Depok. Namun, dia membuka diri bila sang adik ingin berkonsultasi.

Ayah dari Jan Ethes ini menambahkan, dirinya juga tak akan mempersoalkan, jika Kaesang memutuskan maju di Pilkada Sleman. Dirinya juga tidak akan merasa tersaingi bila adiknya terjun di Pilkada Solo. “Ya terserah Kaesang,” imbuhnya.

Baca juga : Cawapres Anies Mengerucut Ke Satu Nama, Demokrat: AHY Paling Memenuhi Syarat

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI Dedek Prayudi menyatakan komitmen partainya mendorongKaesang maju di Pilkada Kota Depok 2024 sudah bulat. Terlebih, Kaesang sudah membuat pernyataan resmi untuk maju sebagai ‘Depok Pertama’.

Dia menegaskan, keinginan partainya mengusung Kaesang didasarkan pada semangat perbai­kan di kota Depok. Pihaknya ingin melihat masa depan yang lebih baik atau perubahan di Depok.

“Fokus utamanya, bebaskan Depok dari era kegelapan, era rendahnya pendapatan per kap­ita, era tingginya tingkat pengangguran terbuka, era Depok sebagai kota paling intoleran,” tegas dia.

Baca juga : Indonesian Maju Expo 2023 Ditutup Dengan Pemberian Penghargaan

Budayawan Betawi di Kota Depok Ahmad Dahlan menilai, sosok kepala daerah yang ideal bagi Depok tidak berpatokan pada kesukuan.

Menurut dia, poin terpenting bagi kempemimpinan Depok adalah komitmen dalam men­jaga budaya dan tradisi, utamanya budaya Betawi. Karena suku ini yang paling banyak tinggal di Depok.

“Nggak masalah sosoknya da­rimana. Kemarin Nur Mahmudi dari Jawa Timur, Badrul Kamal juga. Baru sekarang saja Kiai Idris orang Depok. Intinya, siapapun yang memimpin Kota Depok mampu membawa Depok ke arah yang lebih baik dan mampu membuat masyarakat se­jahtera dan budayanya lestari,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.