Dark/Light Mode

Mending Yang Pasti-pasti Aja...

Mas Gibran Perkasa Di Pilkada Jateng Lho

Jumat, 23 Juni 2023 07:45 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kembali merajai hasil survei popularitas dan elektabilitas Pemilu Kepala Daerah (Pilkada). Berdasarkan survei Parameter Politik Indonesia, putra sulung Joko Widodo itu menang di semua skenario Pilkada Jawa Tengah (Jateng). Elektabilitasnya, tembus 40 persen.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memaparkan, dalam survei yang dige­lar lembaganya di 35 kabupaten/kota di Jateng pada 2-11 Juni 2023, nama Gibran memuncaki ‘klasemen’ elektabilitas Pilkada Jateng 2024. Bahkan, keunggu­lannya ada di tiga skenario per­tanyaan yang dibuat Parameter Politik Indonesia.

“Survei kami melibatkan 800 responden dengan syarat sudah punya KTP atau usia minimal 17 tahun. Survei dilakukan secara wawancara tatap muka oleh surveyor. Margin of error survei sebesar +/-3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” ujarnya, kemarin.

Pada skenario dengan pertan­yaan terbuka, sebut Adi, elekta­bilitas Gibran berada di puncak dengan perolehan 19,9 persen. Menurut dia, raihan itu menggungguli Taj Yasin Maimoen (3 persen), Hendrar Prihadi (1,5 persen) dan Dico Ganinduto (1,2 persen).

Baca juga : Melesat Tajam Di Survei PPI, Gibran Ungguli Gus Yasin Di Pilkada Jateng 2024

“Pada pertanyaan terbuka, para responden ditanyakan, ‘Jika pemilihan Gubernur Jawa Tengah dilakukan hari ini dan Gubernur Ganjar Pranowo tidak mencalonkan diri lagi, siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur Jawa Tengah?” jelas dia.

Pada skenario dengan per­tanyaan tertutup, sambung Adi, elektabilias Wali Kota Solo itu meroket hingga 45 persen. Angka ini juga menjadi yang tertinggi dan mengalahkan para pesaing potensial seperti, Taj Yasin Maimoen (5,8 persen), Hendrar Prihadi (3,6 persen) dan Dico Ganinduto (3,3 persen).

“Para responden ditanyakan, ‘Jika pilkada dilaksanakan saat ini, dari daftar tokoh berikut ini, siapakah tokoh yang akan anda pilih menjadi Gubernur Jawa Tengah mendatang?” ucap Adi.

Terakhir, lanjut dia, pada skenario tiga nama besar yakni Gibran, Taj Yasin, dan Hendrar, nama Gibran juga berada di puncak dengan elektabilitas 52,8 persen. Sementara pesaingnya, yaitu Yaj Yasin mendapat 14,3 persen dan Hendrar 6,2 persen.

Baca juga : Pupuk Indonesia Ajak Mahasiswa Edukasikan Pertanian Pada Petani Dieng Kulon

Atas kedigdayaan elektabilitas Gibran di tiga sekenario surveiyang digelar lembaganya, dosen UIN Syarif Hidayatullah ini menyebut, rata-rata elektabilitas Gibran mencapai 39,23 persen. Sehingga, hampir mustsahil dika­lahkan di Pilkada Jateng 2024, bila diusung PDIPerjuangan.

“Dari sisi elektabilitas, tidak bisa dibantah, Gibran Rakabuming Raka sementara ini hampir mustahil dikalahkan. Gibran mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih keunggulan hampir 40 persen di semua skenario,” ujarnya.

Selain itu, Adi menyebut po­tensi Gibran menjadi Gubernur Jawa Tengah di 2024 juga sangat besar. Dengan demikian, sayang jika Gibran diusung di Pilgub DKIJakarta atau Cawapres 2024.

“Data ini menunjukkan, po­tensi Gibran menjadi Jateng 1, sangat besar. Karenanya, sayang dilewatkan atau dikorbankan demi menjadi Wakil Presiden atau Gubernur DKIyang potensi kemenangannya tidak sebesar Gubernur Jawa Tengah,” warningAdi.

Baca juga : Menperin Bangga, Skuter Listrik Konversi Buatan IKM Laris Di Pasar Eropa

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIPerjuangan, Puan Maharani menegaskan, par­tainya masih fokus pada Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Puan men­jelaskan, untuk calon Jateng Satu, nantinya akan dipikirkan setelah selesai Pileg dan Pilpres. “Ya, Pilkada masih nanti, November 2024,” ujarnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.