Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andi Gani: Gibran Pasti Tolak Jadi Cawapres Prabowo

Minggu, 21 Mei 2023 19:14 WIB
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tawaran Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto tidak akan diambil oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Putra Presiden Jokowi itu lebih memilih menyelesaikan tugasnya di Solo kemudian melanjutkan karier politik sebagai gubernur. 

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pengarah Musyarawah Rakyat (Musra) Andi Gani Nena Wea. Menurutnya Gibran tidak akan tergiur oleh iming-iming apapun dari Prabowo. 

"Saya tidak meyakini Mas Gibran mengambil itu (cawapres Prabowo).  Mas Gibran ingin berproses bertahap, dari Wali Kota menjadi Gubernur. Ada saatnya nanti pasti menjadi pemimpin nasional," katanya, dihubungi via telepon, Minggu (21/5).

Andi menyatakan, sejauh ini Gibran sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin muda yang potensial. Program kerja dan langkah politiknya banyak menarik perhatian publik. Harapan publik yang semakin bertumbuh kepadanya harus dikelola dengan tepat. Gibran sudah cerdas untuk tidak terburu-buru tergiur melakukan lompatan politik yang cenderung instan. 

Baca juga : Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Duduki Posisi Teratas

Di samping itu, tak kalah penting juga melihat Gibran sebagai kader PDI Perjuangan. Loyalitas anak muda ini tak perlu diragukan. 

"Mas Gibran cukup cerdas untuk tidak tergiur cawapres. Beliau masih muda dan banyak waktu untuk menempa diri, berproses dari Wali Kota kemudian Gubernur," jelasnya. 

Sejalan dengan pemikiran itu, Andi juga menolak isu bahwa relawan Jokowi dan Gibran mendukung Prabowo. Andi Gani telah menghubungi jaringan relawan Jokowi di Jateng dan Jatim. 

Kesimpulannya, klaim yang menyatakan 90 persen relawan Jokowi berpindah ke Prabowo itu tidak benar. 

Baca juga : Didukung Seniman Jatim, Moeldoko Layak Jadi Cawapres

"Itu klaim dari mana? Semua yang saya hubungi menyatakan mendukung Ganjar. Realitanya saya akui ada yang mendukung Prabowo tapi arus besar relawan Jokowi mendukung Ganjar. Jaringan Relawan Jokowi di luar negeri juga sudah mulai memanaskan mesinnya dengan deklarasi dukung Ganjar seperti di Amerika, Hongkong, dan Taiwan," paparnya. 

Soliditas mendukung Ganjar, menurutnya, dikarenakan para relawan masih meyakini bahwa hanya Ganjar yang bisa meneruskan kepemimpinan Jokowi. Bukan hanya dari sisi program kerja, tapi juga meneruskan gaya, komunikasi, dan, kedekatan kepada rakyat yang tanpa sekat. 

"Tidak ada capres lain yang bisa ngobrol dengan rakyat akar rumput sebagus Mas Ganjar. Seperti kata Pak Jokowi di Musra kemarin, kita butuh pemimpin yang mau turun bersama rakyat," tegasnya. 

Maka pro kontra tentang Jokowi mendukung siapa menurut Andi Gani tidak perlu diteruskan. Andi meyakini Jokowi dan Gibran Rakabuming loyal kepada PDI Perjuangan. 

Baca juga : Mahfud Layak Dilirik Jadi Cawapres

" Kalau ada yang menyangsikan Pak Jokowi mendukung Mas Ganjar, saya sangat yakin Pak Jokowi akan mendukung pencalonan Mas Ganjar. Perjalanan Pak Jokowi bersama PDI Perjuangan sangat panjang," tegas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.