Dark/Light Mode

Pupuk Indonesia Ajak Mahasiswa Edukasikan Pertanian Pada Petani Dieng Kulon

Kamis, 22 Juni 2023 19:14 WIB
Pupuk Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Cakra Abhipraya Responsif, mengajak 80 generasi Z dari membantu petani di Desa Dieng Kulon, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Pupuk Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Cakra Abhipraya Responsif, mengajak 80 generasi Z dari membantu petani di Desa Dieng Kulon, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan Yayasan Cakra Abhipraya Responsif, mengajak 80 orang generasi Z dari berbagai daerah di Indonesia untuk membantu petani di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Senior Vice President (SVP) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia, Rika Susanty mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari program "Social Tour Dambaan", yang digelar selama lima hari, mulai tanggal 21-25 Juni 2023.

Rika menjelaskan, ini merupakan program rekreasi yang dikemas dengan kegiatan sosial dan melibatkan anak-anak muda.

Baca juga : Mewujudkan Ketenangan dan Rasa Aman

Umumnya peserta yang hadir, kata dia, dari kalangan pelajar atau mahasiswa, untuk memberikan bakti, berupa bakti pertanian, bakti lingkungan dan bakti pendidikan kepada masyarakat di Desa Dieng Kulon.

"Para peserta ini, nantinya akan berada di bawah koordinasi Cakra Abhipraya sebagai relawan dalam menangani respon terhadap bencana," ujar Rika melalui keterangannya, Kamis (22/6).

Ia merincikan, dari aspek pertanian, program ini memberikan edukasi terkait pertanian kepada para petani. Seperti pemupukan, sarana produksi pertanian (saprodi) dan sebagainya.

Baca juga : Model Pikir Masa Kini Dalam Peran Generasi Muda Di Sektor Energi Dan Lingkungan

Sedangkan dari aspek lingkungan, relawan akan membantu dalam pengelolaan sampah dan penanaman pohon pencegah longsor. Sementara dari aspek pendidikan, relawan dibekali edukasi pertanian sebagai bekal pengabdian di daerah bencana.

"Social Tour Dambaan ini membawa misi kebaikan. Melalui program ini, Pupuk Indonesia mengajak para calon relawan untuk melakukan bakti pertanian, dengan menebar kebaikan di seluruh penjuru Indonesia, yang saat ini dimulai dari Dieng Kulon," ujar Rika.

Ia meyakini, kebaikan itu bisa menular, menyebar dan bertumbuh melahirkan kebaikan-kebaikan baru.

Baca juga : Kaisar Naruhito Amati Kemajuan Persahabatan Jepang-Indonesia

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini, perseroan juga menyerahkan sejumlah bantuan yang selaras dengan materi tour.

Di antaranya, pemberian sarana produksi (saprodi) pertanian untuk 200 petani Dieng Kulon, satu unit angkutan sampah dan 30 unit tempat sampah yang diletakkan di sepanjang jalan desa. Lalu, 100 bibit tanaman keras produktif dan seragam olahraga bagi 350 pelajar SD (Sekolah Dasar).

Program Social Tour Dambaan merupakan implementasi program TJSL dengan konsep Creating Shared Value (CSV), masyarakat ikut terlibat dalam rantai bisnis perusahaan dan memberikan nilai manfaat bagi perusahaan, maupun masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.