Dark/Light Mode

Nama Calon Pj Bupati Sumedang

Kata Kang Emil, Belum Kantongi Namanya Tuh

Kamis, 3 Agustus 2023 07:45 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa jabatan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, akan berakhir bulan depan. Namun, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengaku belum mengantongi tiga nama calon Penjabat (Pj) Bupati Sumedang.

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemorov) Jabar masih melakukan penjaringan dan pembahasan tentang peja­bat yang dianggap sesuai dan memenuhi syarat sebagai Pj Bupati Sumedang. Menurut dia,pihaknya telah menerima banyak nama, tapi belum memutuskan tiga nama yang akan diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau nama-nama sudah ada. Semua masih dalam proses perbincangan. Belum ada nama yang akan diusulkan sebagai calon Pj Bupati Sumedang,” ujarnya disela kunjungan kerja di Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Jabar, kemarin.

Baca juga : Pemilu 2024 Bakal Seru Dan Semarak

Mantan Wali Kota Bandung ini memastikan, pihaknya akan mengumumkan kepada publik bila sudah mengantongi yiga calon Pj Bupati Sumedang. Menurutnya, penyampaian nama-nama itu kepa­da masyarakat merupakan wujud transparansi, sekaligus undangan terhadap partisipasi masyarakat.

Kang Emil mengingatkan, na­ma-nama calon Pj Bupati Sumedang tidak hanya diusulkan oleh Pemprov Jabar. Menurutnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang dan Kemendagri, juga akan mengusulkan masing-masing tiga nama, sehingga nama-nama yang muncul sangat beragam.

Secara terpisah, anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Rahmat Juliadi berharap, nama-nama calon Pj Bupati segera diputuskan Gubernur Jabar. Dengan begitu, publik juga bisa menilai figur yang dianggap co­cok untuk memimpin Kabupaten Sumedang.

Baca juga : CIMB Niaga Aktif Kembangkan 50 Pelaku UMKM Di Indonesia Timur

Rahmat menambahkan, bila didasarkan pada persyaratan­nya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, merupakan salah satu figur yang cocok menduduki Pj Bupati Sumedang. Selain me­menuhi persyaratan administratif, Herman juga memahami seluk beluk daerah dan pemerintahan.

“Kalau nama yang santer dan hampir disebut oleh semuafraksi,Sekda Kabupaten Sumedang masuk radar semua fraksi. Hal itu didasarkan persyaratan normatif, kompetensi, serta memenuhi sejumlah kriteria lainnya,” jelas dia.

Diketahui masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan, akan berakhir pada 20 September 2023. Jabatan bupatiakan diisi Pj Kepala Daerah hingga didapat kepala daerah definitif hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Baca juga : Banteng Cari Dukungan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 3/8/2023 dengan judul Nama Calon Pj Bupati Sumedang, Kata Kang Emil, Belum Kantongi Namanya Tuh

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.