Dark/Light Mode

Survei LSI Dan Poltracking: Andi Sumangerukka Mencuat Di Pilkada Sultra

Senin, 10 Juni 2024 18:35 WIB
Andi Sumangerukka (ASR). (Foto : ist)
Andi Sumangerukka (ASR). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Pilkada Sultra periode 2024–2029, nama Andi Sumangerukka (ASR) mencuat dalam survei yang digelar oleh Lembaga Survei LSI (Lingkaran Survei Indonesia) dan Poltracking Indonesia.

 "Andi Sumangerukka berhasil meraih persentase dukungan mencapai 15,4 persen. Menyusul Ridwan Bae dengan persentase 11,2 persen, dan Kery Saiful Konggoasa (KSK) 11 persen," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman dalam pernyatannya, Senin (10/6).

Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ikrama Masloman, mengatakan elektabilitas ASR menguat di kalangan masyarakat Sultra karena dinilai menjadi sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi. 

Baca juga : Duet Andi Sudirman-Fatmawati 56,5 Persen, Dani Pomanto-Indah 25,2 Persen

“Jadi, isu etnis sudah bergeser dan masyarakat fokus memilih pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi,” katanya, Senin (10/6/2024). 

"Elektabilitas yang ada saat ini tidak jauh berbeda dari survei sebelumnya, Andi Sumangerukka masih tertinggi. Namun masih sekira 10,5 persen masyarakat belum memilih," pungkasnya

Dari hasil survei LSI Denny JA untuk Balon Gubernur Sultra, ASR berada di urutan teratas dengan 13,7 persen. ASR disusul Kery Saiful Konggoasa (KSK) dengan 10,1 persen, Ridwan Bae 9,8 persen,  La Ode Ida 8,7 persen, Lukman Abunawas 6,5 persen, dan Rusda Mahmud 4,1 persen. 

Baca juga : Survei SMRC: Kang Emil Diprediksi Menang Mudah Di Jabar

Nama lainnya ialah Tina Nur Alam, Umar Samiun, Rusman Emba, Surunuddin, Abdurrahman Shaleh, Ruksamin, Wa Ode Nurhayati, dan La Ode Umar Bonte yang masing-masing meraih 4 persen.

Senada, Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait Pilkada Sultra 2024, terutama dalam persaingan Pemilihan Gubernur (Pilgub). Survei ini periode 13-18 Mei 2024. Poltracking berhasil memetakan keinginan masyarakat terkait figur calon gubernuryang akan dipilih untuk memimpin daerah.

Poltracking Indonesia memberikan beberapa simulasi elektabilitas para calon gubernur. Dari total simulasi yang ada, nama Andi Sumangerukka (ASR) secara keseluruhan menempati raihan dukungan tertinggi dari masyarakat.

Baca juga : PAN Jagokan Kapolda Jateng Jadi Gubernur Jawa Tengah Di Pilkada 2024

Dalam simulasi 15 bakal calon gubernur, elektabilitas Andi Sumangerukka sebesar 23,6 persen. Disusul Tina Nur Alam 22,1 persen, Ridwan Bae 15,8 persen, Lukman Abunawas 7,4 persen dan Kery Saiful Konggoasa 6,1 persen.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 Pilkada gubernur Sulawesi Tenggara akan diadakan pada 27 November 2024 bersamaan dengan Pilkada serentak di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.